Penataan Kabel Fiber Optic Dukung Estetika Perkotaan, Pemkab Jombang Belajar ke Pemkot Yogyakarta

01 Desember 2023 21:13
Penulis: Adiantoro, news
Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo (kiri) dan Pj. Bupati Jombang Sugiat. (Foto: Istimewa/jogjakota.go.id)

Sahabat.com - Tertarik dengan penataan dan pengendalian infrastruktur telekomunikasi sistem ducting jaringan di Kota Yogyakarta, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang belajar ke Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta.

Rombongan dari Pemkab Jombang ini dipimpin langsung Penjabat (Pj) Bupati Jombang Sugiat. Pihaknya mengungkapkan tujuannya mengunjungi Kota Yogyakarta karena Kabupaten Jombang akan menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Tujuan kami ke Kota Yogya ingin belajar bagaimana cara mengatur penyelenggaraan telekomunikasi khususnya akses internet, dan penataan kabel fiber optik di Kota Yogya," ujar Sugiat di Ruang Yudistira Balaikotq Yogyakarta, seperti dilansir dari laman Pemerintah Kota Yogyakarta, Jumat (1/12/2023).

Sugiat berharap dengan kunjungan ini dapat memberikan titik terang terhadap permasalahan kabel fiber optik yang dialami di Kabupaten Jombang nantinya.

Rombongan tersebut di terima Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo. Singgih mengungkapkan teknologi telekomunikasi dewasa ini menjadi pendukung kebutuhan pokok masyarakat.

"Contohnya adalah akses internet, namun seringkali terkait akses ini penataan kabel-kabel fiber optiknya kerap bertubrukan dengan estetika kota," katanya.

Menyikapi hal tersebut Pemkot Yogyakarta berupaya menempuh penanganan lewat pemindahan dan penyederhanaan kabel fiber optik di Kota Yogyakarta.

"Beberapa titik di Kota Yogya telah dilakukan penyerdehanaan kabel fiber optik, salah satunya dengan skema ducting atau penataan dan pemindahan kabel fiber optik menuju bawah tanah," bebernya.

Beberapa titik tersebut di antaranya adalah Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Sudirman, Jalan Suroto, Jalan Sultan Agung, hingga Jalan Malioboro. "Jalan-jalan ini mempunyai peranan strategis di sektor pariwisata sebagai penopang Malioboro," jelasnya.

Diharapkan dengan penataan kabel fiber optik ini dapat mempercantik wajah Kota Yogyakarta sehingga akan meningkatkan geliat pariwisata di 'Kota Pelajar' ini.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment