Perangi Narkoba,  Komisi PRK MUI: Peran Keluarga Sangat Penting dan jadi Kunci

08 Juli 2023 05:46
Penulis: Ramses Manurung, news
Ketua Komisi Perempuan, Remaja dan Keluarga MUI, Siti Ma’rifah/ist

Sahabat.com-Ketua Komisi Perempuan, Remaja dan Keluarga MUI, Siti Ma’rifah mengatakan keluarga berperan penting dan menjadi kunci dari masyarakat untuk ketahanan nasional. Khususnya dalam mencegah pengaruh narkoba terhadap remaja dan generasi muda. 

Sejalan dengan hal tersebut, Siti Marifah pun mengajak orang tua jadi sahabat anak untuk mencegah penyalahgunaan narkoba.

“Apalagi peredaran narkoba sangat memprihatinkan yang menyebar di berbagai kalangan khususnya remaja,” kata Siti Ma’rifah, Rabu (5/7/2023) di Jakarta.

Ma’rifah merasa khawatir bangsa ini akan kehilangan generasi unggulan jika ancaman peredaran narkoba tidak ditanggulangi keluarga. Padahal seharusnya, lanjutnya, generasi tersebut akan menjadi tulang punggung bangsa ini.

“Karena keberadaan negara ini akan ditentukan oleh generasi muda bangsanya. Kalau generasi remaja kita banyak yang terkena narkoba, bisa dibayangkan betapa bahayanya kondisi bangsa kita pada masa depan,” jelasnya.

Maka peran orang tua sangat penting untuk menjadi sahabat bagi anak. Sebab, sumber utama penyalahgunaan narkoba adalah lingkungan sekitar.

“Biasanya dimulai dari anak yang tidak bisa terbuka menyampaikan masalah pribadinya kepada keluarga. Masalah itu bisa di sekolah, teman dan lain sebagainya,” ungkapnya, mengutip muiorid.

Ma’rifah menekankan, orang tua diharapkan bisa menjadi tempat berdiskusi dan bertanya yang nyaman bagi anak. Selain menjadi sahabat, sambungnya, orang tua juga diharapkan bisa menjadi teman, motivator dan komunikator yang baik bagi anak.

Apabila peran orang itu tidak terlihat oleh anak, akan menyebabkan anak terperangkat ke dalam penyalahgunaan narkoba.

“Karena muncul pandangan yang salah bahwa jawaban dari persoalan-persoalan yang mereka hadapi adalah narkoba, ” jelas Doktor Hukum Universitas Krisnadwipayana Jakarta itu.

Dia berpesan, dalam lingkup keluarga, agama harus menjadi landasan utama dalam mengajarkan nilai-nilai kepada anak.

“Karena amar maruf nahi mungkar dimulai dari keluarga,” pungkasnya. 

 

 

 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment