Pesta Kesenian Bali 2023, Budaya Jadi Daya Tarik Wisatawan Dunia

29 Mei 2023 16:25
Penulis: Arfa Gandhi, news
Gubernur Bali I Wayan Koster

Sahabat.com - Pesta Kesenian Bali (PKB) 2023 yang berlangsung pada tanggal 18 Juni hingga 16 Juli 2023 bakal digelar di tiga lokasi, yakni Taman Budaya Art Center Denpasar, ISI Denpasar dan Monumen Perjuangan Rakyat Bali.

Tahun ini, PKB mengangkat tema "Segara Kerthi: Prabhaneka Sandhi" (Samudera Citra Peradaban) yang memiliki makna upaya pemuliaan laut sebagai sumber kesejahteraan semesta yang menjadi asal mula lahirnya suatu peradaban.

Gubernur Bali, I Wayan Koster saat memberikan sambutan dalam Rapat Pleno PKB 2023 mengatakan, Bali bisa menjadi daya tarik wisatawan dunia karena budayanya. Menurut Koster, tanpa budaya, Bali tidak akan ada.

“Kita bersyukur, Bali dianugerahi kekayaan, keunikan, keunggulan budaya yang luar biasa. Inilah yang harus kita pelihara dan terbukti melalui budaya Bali, pariwisata Bali menjadi daya tarik dunia, tanpa budaya, pariwisata di Bali tidak ada," kata I Wayan Koster Gedung Ksirarnawa, Art Centre, Kamis (25/5).

"Melalui Pesta Kesenian Bali, kita kuatkan seni budaya Bali yang telah menjadi kekuatan dan agar budaya Bali terus eksis, survive, kuat, tangguh dan berkelanjutan sepanjang zaman sesuai visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali berbasis pada nilai-nilai Kearifan Lokal Sad Kerthi," sambungnya.

Adapun rangkaian ajang seni tahunan milik masyarakat Bali ini meliputi Peed Aya (Pawai) Rekasadana (Pergelaran) Utsawa (Parade) Wimbakara (Lomba) Kandarupa (Pameran) Kriyaloka (Lokakarya) Widyatula (Serasehan) Adi Sewaka Nugraha (Penghargaan Pengabdi Seni) Jantra Tradisi Bali (Pekan Kebudayaan Daerah) dan Bali World Culture Celebration (Perayaan Budaya Dunia).

Menurut informasi sebanyak 19.009 orang seniman akan terlibat dalam perhelatan seni dan budaya tahunan ini dengan jumlah sajian seni sebanyak 498.

Tercatat, rekasadana (pergelaran) sebanyak 88 sajian seni utsawa (parade) sebanyak 267 sajian seni, wimbakara (lomba) sebanyak 63 sajian seni, dan kandarupa (pameran) sebanyak 80 sajian seni.

Jumlah sajian seni pada tahun ini juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2022 yang hanya 285 sajian seni dan hanya melibatkan sebanyak 16.179 seniman. 

Sedangkan pada tahun 2021 sebanyak 216 sajian seni (melibatkan 7.955 seniman), tahun 2019 sebanyak 373 sajian seni (melibatkan 19.720 seniman), dan tahun 2018 sebanyak 363 sajian seni (melibatkan 18.850 seniman).

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment