Pesta Perayaan Jubileum 50 Tahun HKBP Sutoyo Diwarna Prosesi Pelepasan Burung Merpati

10 Maret 2024 12:53
Penulis: Ramses Manurung, news
Pesta Perayaan Jubileum 50 Tahun HKBP Sutoyo Diwarna Prosesi Pelepasan Burung Merpati (foto-foto: nusantaratv.com/Ramses R. Manurung)

Nusantaratv.com - Acara hari kedua Pesta Perayaan Jubileum 50 Tahun Gereja HKBP Sutoyo, Cawang, Jakarta Timur, Minggu (10/3/2024) diwarnai prosesi pelepasan lima ekor burung merpati. 

Prosesi pelepasan dilakukan oleh Pimpinan HKBP, Sekretaris Jenderal HKBP Pdt Dr Victor Tinambunan Pendeta Resort Pdt Sawari Togatorop Sm.Th, Ketua I St Dr Eduard Sigalingging M.Si dan eks pendeta yang pernah melayani di HKBP Sutoyo Pendeta Sitompul dan salah seorang perwakilan Naposo Bulung HKBP Sutoyo.

Jumlah burung merpati yang dilepaskan secara simbolis melambangkan angka 50 tahun berdirinya Gereja HKBP Sutoyo. 

“Burung merpati adalah lambang perdamaian. Karena itu, seluruh jemaat HKBP khususnya para pendeta dan jemaat HKBP Sutoyo harus menjaga perdamaian,” Sekretaris Jenderal Pdt Dr Victor Tinambunan dalam sambutannya sebelum melakukan prosesi pelepasan burung merpati. 

Pdt Dr Victor Tinambunan kemudian bersama pimpinan HKBP Sutoyo dan seorang perwakilan Naposo Bulung melepaskan lima ekor burung merpati menandai Pesta Perayaan Jubileum 50 tahun Gereja HKBP Sutoyo. 

Senada dengan pimpinan HKBP, Pendeta Resort Pdt Sawari Togatorop Sm.Th mengatakan pelepasan 5 ekor burung merpati melambangkan 50 sebagai tahun Jubileum. 

“Dan merpati adalah lambang perdamaian. Bagaimana gereja juga punya misi membawa perdamaian ditengah-tengah kehidupan di tengah -tengah dunia ini? Dan ini yang menjadi intinya,” kata Pdt Sawari Togatorop.

“Nantinya dalam acara lanjutan kita juga menghargai para pelayan yang sebelumnya baik pendeta yang pernah melayani. Di tempat ini juga kita mengapresiasi mengucapkan terima kasih dan kita undang. Mereka juga hadir pada acara ini juga para penatua terutama pendiri gereja ini dari 50 tahun yang lalu dan masih ada  yang hidup,” tambahnya. 

Pdt Sawari Togatorop kembali menekankan Jubileum ini juga mengapresiasi jasa-jasa mereka.

“Karena bagaimanapun atas karya merekalah sehingga HKBP Sutoyo bisa semakin baik, semakin besar, semakin jaya terutama dibdalam pelayanannya. Inilah yang akan kita laksanakan pada pesta Puncak Jubileum 50 tahun HKBP Sutoyo ini,” pungkasnya.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment