Pimpinan HKBP Lakukan Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Sekolah Minggu dan Serbaguna HKBP Sutoyo

10 Maret 2024 12:49
Penulis: Ramses Manurung, news
Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Sekolah Minggu dan Serbaguna HKBP Sutoyo (foto-foto: nusantaratv.com/Ramses R Manurung)

Nusantaratv.com - Pimpinan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Sekretaris Jenderal Pdt Dr Victor Tinambunan melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Gedung Sekolah Minggu sekaligus Gedung Serbaguna HKBP Sutoyo. 

Prosesi peletakkan batu pertama diawali dengan Ibadah yang dipimpin pendeta fungsional HKBP Sutoyo Pdt Rich J.D Simamora di lokasi pembangunan Gedung Sekolah Minggu sekaligus Gedung Serbaguna HKBP Sutoyo yang terletak persis di belakang Gereja HKBP Sutoyo, Cawang, Jakarta Timur, Minggu (10/3/2024). 

Acara peletakkan batu pertama pembangunan Gedung Sekolah Minggu sekaligus Gedung Serbaguna HKBP Sutoyo ini merupakan bagian dari rangkaian acara Pesta Perayaan Jubileum 50 tahun Gereja HKBP Sutoyo yang didirikan pada 10 Maret 1974.

Turut hadir Pendeta Resort Pdt Sawari Togatorop Sm.Th beserta istri Br Siregar,, para pendeta HKBP, parhalado, perwakilan punguan Ama dan Ina serta para jemaat HKBP Sutoyo. Hadir juga Ketua Panitia Jubileum 50 tahun HKBP Sutoyo St Eduard Sigalingging dan Humas Pesta Perayaan Jublieum HKBP Sutoyo Baharuddin Sihombing.

Dalam sambutannya sebelum melakukan peletakkan batu pertama, Sekretaris Jenderal HKBP Pdt Dr Victor Tinambunan didampingi istri Br Pangaribuan menyambut gembira pembangunan fasilitas pelayanan di Gereja HKBP Sutoyo. 

“Semoga Gedung Sekolah Minggu dan Gedung Serba Guna Gereja HKBP yang akan dibangun boleh menjadi berkat bagi kita semua,” kata Pdt Dr Victor Tinambunan.

“Kiranya Tuhan menyertai proses pembangunannya dan dapat berjalan dengan baik serta selesai sesuai dengan yang direncanakan. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan. Tuhan memberkati,” imbuhnya. 

Setelah Sekretaris Jenderal HKBP Pdt Dr Victor Tinambunan, prosesi peletakkan batu pertama pembangunan Gedung Sekolah Minggu dan Gedung Serba Guna Gereja HKBP Sutoyo dilanjutkan oleh Pendeta Resort Pdt Sawari Togatorop Sm.Th, Ketua Par-Artaon St Rintis Siregar, Ketua Ama B Sihombing, Ketua Ina Ny R Br Nainggolan,. Ketua Pembangunan CST Marudut Pakpahan, Ketua Panitia diwakili Ketua I St Dr Eduard Sigalingging M.Si.

Gedung Sekolah Minggu dan Gedung Serba Guna Gereja HKBP Sutoyo dibangun di atas lahan seluas 1.000 meter persegi.

Ditemui usai peletakkan batu pertama Sekjen HKBP Pdt Dr Victor Tinambunan mengatakan Gedung Sekolah Minggu dan Gedung Serbaguna HKBP Sutoyo adalah bagian dari tiga esensi dari makna Jubileum yakni suka cita, syukur pada Tuhan dan solidaritas.

“Ucapan syukurnya membangun gedung yang nanti akan digunakan untuk gedung sekolah minggu dan juga gedung serbaguna yang dilengkapi fasilitas rumah duka,’ kata Pdt Dr Victor Tinambunan.

“Jadi ini bagian dari tugas panggilan gereja secara khusus momentum yang tepat. Gereja bukan hanya soal gedung itu ada unsur spiritualnya jadi dari segi fungsinya nanti kan anak-anak sekolah minggu di binabdi sana. Juga dapat dimanfaatkan untuk mengadakan pertemuan rapat pengambilan keputusan. Serta menjadi rumah duka juga bagi keluarga keluarga yang tidak mampu,” imbuhnya. 

Pdt Dr Victor Tinambunan menekankan pembangunan yang dilakukan HKBP Sutoyo merupakan bagian dari persembahan kepada Tuhan. Sebagai wujud nyata gereja hadir sebagai bagian dari solusi.

“Ini adalah salah satu upaya bagaimana memberikan solusi dalam kehidupan bergereja maupun masyarakat. Nanti akan berguna bagi masyarakat sekitar itu juga kan. Bagaimana kebersamaan dengan bukan hanya sesama anggota Jemaat tetapi dengan orang-orang sekitar kita meski berbeda agama, tetapi kita tetap merajut kebersamaan,” pungkasnya.

Usai melakukan prosesi peletakkan Batur pertama, rombongan Sekretaris Jenderal HKBP Pdt Dr Victor Tinambunan bersama Pendeta Resort Pdt Sawari Togatorop Sm.Th, para pendeta HKBP Sutoyo, parhalado dan jemaat HKBP menuju Gereja HKBP untuk melaksanakan Pesta Perayaan Jubileum 50 tahun Gereja HKBP Sutoyo.

Pesta Perayaan Jubileum 50 Tahun

Pesta Perayaan Jubileum 50 tahun HKBP Sutoyo berlangsung selama dua hari, 9-10 Maret 2024.

Perayaan mengusung tema “Godang ma tongon na binahen ni Jahowa tu hita, alani sai marhilas ni roha ma hita” (Pslmen 126:3).

Selain mengadakan ibadah syukur atas perjalanan Gereja HKBP yang telah mencapai 50 tahun, Pesta Perayaan Jubileum juga dimeriahkan dengan berbagai lomba. Mulai dari lomba Catur tingkat distrik DKI, Tenis meja antar sektor (putra/putri) ganda/tunggal, Lomba vokal solo/group antar sektor, PBB Kreasi antar sekolah/paduan suara, Lomba fashion show berbahan ulos antar sektor, Lomba memasak antar sektor, Lelang ulos, Lelang songket Rp5 juta, Doorprize dengan aneka hadiah menarik.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment