Ratusan Siswa Pecinta Alam Tanam 1.000 Mangrove di Teluk Lampung

20 Februari 2023 13:14
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Ratusan siswa pecinta alam tanam 1.000 mangrove di Teluk Lampung (ANTARA/HO)

Sahabat.com - Ratusan siswa pecinta alam di Lampung mengadakan aksi bersih-bersih pantai dan menanam 1.000 bibit mangrove di pesisir Teluk Lampung.

“Kegiatan tersebut diadakan sebagai rangkaian dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2023," kata ketua pelaksana kegiatan, Dimas Aryo Wibowo, di Pantai Keteguhan, Teluk Betung Timur, Bandarlampung, Senin.

Ia menjelaskan kegiatan ini diselenggarakan oleh dua kelompok pecinta alam, yaitu siswa Pecinta Alam Semesta Putera Belantara SMKN 4 Bandar Lampung (Pastabel) dan Sispala SMAN 1 Bandar Lampung (Esapala).

Selain itu, diikuti oleh beberapa kelompok pecinta alam dari kalangan mahasiswa, komunitas pecinta lingkungan, polairud, dan sejumlah instansi terkait.

“Ada ratusan orang dari berbagai organisasi dan instansi, dari pecinta alam se-Lampung, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum,” kata dia.

Kegiatan ini mengusung tema "Hal Kecil untuk Suatu yang Besar" dan diikuti oleh lebih dari 250 orang dari berbagai organisasi dan instansi, mulai dari pecinta alam se-Lampung, pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat umum.

Menurut Ketua Sispala Pastabel itu, kegiatan tersebut merupakan langkah awal dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Ia berharap, bersih-bersih pantai dan penanaman mangrove ini dapat membangun kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dan melestarikan alam.

Koordinator lapangan kegiatan, Aurel Fita Pambudi, menjelaskan bahwa 1.000 bibit yang telah ditanam akan dipantau secara rutin agar pohon mangrove dapat tumbuh dengan baik.

“Pohon yang sudah kita tanam ini akan dilakukan perawatan, jadi jika terangkat akibat air yang pasang maka masih dapat diperbaiki,” kata Aurel, yang juga perwakilan dari Sispala Esapala.

Ia berharap, kegiatan ini dapat menjadi awal dari upaya lebih besar untuk melestarikan lingkungan dan menjaga keberlanjutan hidup manusia di masa depan.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment