Ratusan WBP Lapas Banjarbaru Jalani Rehabilitasi Sosial

15 Februari 2023 12:34
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi, Bapak Sugito menyerahkan simbolis perlengkapan kegiatan kepada WBP Lapas Kelas IIB Banjarbaru yang menjalani rehabilitasi sosial. (ANTARA/HO-Lapas Banjarbaru)

Sahabat.com - Sebanyak 180 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjarbaru, Kalimantan Selatan menjalani rehabilitasi sosial dalam upaya pemulihan atau pemberian layanan baik secara mental, fisik maupun sosial.

Kepala Lapas Kelas IIB Banjarbaru Amico Balalembang di Banjarbaru, Rabu, mengatakan warga binaan yang menjalani rehabilitasi sosial terkait kasus narkoba dan tindak pidana lainnya.

"Rehabilitasi sosial ini diharapkan lebih meningkat kualitas hidup mereka selama masa hukuman," ujar Amico.

Disebutkan Amico, warga binaan yang mengikuti rehabilitasi tersebut harus menjalani seleksi untuk mengikuti kegiatan yang telah menjadi program Lapas Kelas IIB Banjarbaru sejak 2017 itu.

Menurut Amico, kegiatan itu diinisiasi Lapas Kelas II B Banjarbaru bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Banjarbaru dengan tujuan warga binaan bisa kembali diterima di tengah masyarakat.

"Harapan kita semua, mereka dapat mengikuti rehabilitasi secara penuh dan dapat diterima kembali di tengah masyarakat. Terpenting tidak lagi menggunakan narkotika dalam bentuk apa pun," tutur Amico. 

Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi Kakanwil Kemenkumham Kalsel Sugito menyebutkan rehabilitasi sosial dilaksanakan dua lapas di wilayah Kalsel karena kelengkapan sarana.

"Rehabilitasi sosial dilaksanakan pada dua lapas yakni Lapas Kelas IIB Banjarbaru dan Lapas Narkotika Karang Intan karena kedua lapas memiliki sarana dan prasarana yang memadai," ungkapnya.

Dikatakan Sugito, pihaknya menggandeng konselor untuk mendukung kegiatan seperti perguruan tinggi dan BNNK Kota Banjarbaru yang meliputi rehabilitasi sosial untuk pemulihan fisik, mental dan spiritual selama enam bulan.

Kepala BNN Kota Banjarbaru AKBP Arif Wahyu Bibitharta menambahkan ratusan warga binaan mengikuti berbagai program selama enam bulan mulai dari asesmen, tes urine, fisik, mental dan spritual.

"Target kami, mereka yang menjalani rehabilitasi bersih dari narkoba dan yang terindikasi memakai narkoba pulih kembali, memiliki pandangan hidup sehat serta berkomitmen memerangi narkoba," ungkap Arif.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment