Remaja Blitar Ngaku Temukan Bayi Dibuang, Ternyata Anak Sendiri

07 Februari 2023 02:33
Penulis: Mochammad Rizki, news
Ilustrasi. (Net)

Sahabat.com - Sesosok bayi laki-laki masih hidup ditemukan di sebuah gazebo Mawar Jalan Ahmad Yani Gang 3 Kelurahan Sananwetan Kota Blitar.

Bayi malang itu pertama kali ditemukan BP (19) yang hendak ke kamar mandi. Kala itu ia mendengar tangisan bayi di sekitar kamar mandi dan gazebo mawar.

Saat dicek ternyata sesosok bayi ditemukan di bawah gazebo mawar. BP pun langsung berteriak karena kaget dengan temuan tersebut. Bayi pun selanjutnya dibawa dan dirawat di puskesmas setempat.

Belakangan, diketahui bahwa BP merupakan ayah kandung dari bayi tersebut. Dia bersama kekasihnya membuat cerita seolah menemukan bayi karena belum siap menjadi orang tua. Hal ini diungkap polisi. 

Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono menjelaskan, pihaknya telah memeriksa sejumlah saksi maupun lokasi penemuan bayi di Jalan Ahmad Yani Kota Blitar. Namun, pihak saksi yang merupakan kakek dan nenek penemu bayi itu mengakui bahwa bayi yang ditemukan itu merupakan bayi dari cucunya.

"Saksi daripada kakek dan nenek dari penemu bayi ini datang ke kantor polisi dan menceritakan bahwa cucunya yang membuang bayi itu. Cucunya yang meletakkan bayi baru lahir itu di gazebo dekat rumahnya," ujar Argowiyono, saat menjenguk bayi yang dibuang di Puskesmas Sananwetan Kota Blitar, Senin (6/2/2023).

Dia menjelaskan penemu bayi alias BP sengaja membuat skenario atau cerita menemukan bayi. Alasannya karena belum siap menjadi orang tua karena keduanya masih berstatus pelajar beda sekolah.

"Karena panik, dia dan pacarnya panik setelah melahirkan bayi. Akhirnya membuat cerita menemukan bayi. Tapi ternyata kakek dan neneknya justru melapor ke petugas, karena tidak mengenali bayi tersebut," kata dia.

Ditanya apakah kasus tersebut akan menjalani restorative justice, Argo mengaku akan melihat terlebih dahulu kasus tersebut.

"Nanti kita lihat dulu apakah akan di restorative justice atau seperti apa. Kita masih mintai keterangan dan akan diskusi untuk lanjutan siapa yang merawat bayi ini," tuturnya.

Sedangkan saat ini, bayi yang dibuang tersebut masih dirawat di Puskesmas Sananwetan dalam keadaan sehat. Tapi, ada perubahan pada warna tubuh bayi menjadi kuning. Sehingga diharuskan untuk dirujuk ke RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar.

"Dilaporkan kondisi bayinya kuning, jadi ini akan dirujuk ke RS Mardi Waluyo Kota Blitar untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut," tandasnya. 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment