Ribuan Peserta Mudik Gratis Nataru Kemenhub Diberangkatkan ke 11 Kota dari Terminal Kp. Rambutan, Jakarta Timur

23 Desember 2023 15:05
Penulis: Ramses Manurung, news
Ilustrasi mudik gratis/ist

Sahabat.com-Sebanyak 3600 peserta program mudik gratis Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Kementerian Perhubungan ke 11 kota telah diberangkatkan dari Terminal Kp. Rambutan dan Terminal terpadu Pulogebang Jakarta Timur pada Sabtu (23/12). 

11 kota yang menjadi tujuan para peserta mudik gratis Nataru di antaranya Semarang, Solo, Yogyakarta, Wonogiri, Cilacap, Purwokerto, Wonosobo, Surabaya, Kediri, Malang dan Madiun. 

Program ini bertujuan untuk mengurangi angka kemacetan dan kecelakaan lalu lintas karena masifnya pergerakan masyarakat di momen liburan akhir tahun.

Pemberangkatan bus dilakukan oleh Inspektur 1, Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan, Amin Hudaya didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Amirulloh dan Direktur Sarana Transportasi Jalan, Danto Restyawan.

"Kegiatan dengan tema 'Transportasi Aman Liburan Nyaman' ini bertujuan untuk mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas khususnya bagi sepeda motor dan mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan," ujar Inspektur Amin, Sabtu (23/12/2023).

Lebih lanjut, dia menyampaikan, selain dari adanya keberangkatan mudik gratis melalui bus, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat juga telah menyediakan sarana truk pengangkut sepeda motor yang sudah diberangkatkan pada 22 Desember 2023 kemarin dari Terminal tipe A Pondok Cabe Kota Tangerang.

Baca juga: Arus Mudik Natal Melalui Pelabuhan Merak-Bakauheni Lancar

Kasubdit Angkutan Perkotaan, Iman Sukandar menjelaskan kegiatan mudik gratis angkutan jalan Nataru tahun 2023/2024 ini berdasarkan rencana dan operasi memiliki total kuota mudik sebanyak 3.600 peserta.

Adapun jumlah bus yang digunakan sebanyak 90 unit, yang terbagi menjadi sebanyak 27 bus diberangkatkan dari Terminal Kp. Rambutan dan 63 bus lainnya diberangkatkan dari Terminal terpadu Pulogebang pada waktu yang sama.

"Sebanyak 1.024 peserta mudik gratis diberangkatkan dari Terminal Kp. Rambutan. Sedangkan, sebanyak 2.473 peserta mudik gratis dengan 63 bus saat ini juga akan diberangkatkan dari Terminal Pulogebang Jakarta Timur," jelas Iman.

Kemudian, dia berharap, penyelenggaraan mudik gratis angkutan jalan ini diberikan kelancaran dan keselamatan selama perjalanan dan tiba di tempat tujuan masing-masing dengan penuh kebahagiaan.

"Kami titip salam kepada keluarga peserta mudik di kampung halaman dan kami ucapkan selamat berlibur dan berkumpul hangat dengan sanak saudara dan keluarga, transportasi aman liburan nyaman," ucap Iman.

 

 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment