Sabang Himpun Dana Rp126 Juta Untuk Korban Gempa Turki dan Suriah

24 Februari 2023 18:19
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Dokumentasi - Penggalangan donasi bagi korban gempa Turki yang dilakukan Pemerintah Kota Sabang, Aceh, Jumat (10/2/2023) (ANTARA/HO-Pemko Sabang)

Sahabat.com - Pemerintah Kota Sabang, Provinsi Aceh, menghimpun dana sebesar Rp126 juta selama penggalangan donasi untuk korban gempa bumi di Turki dan Suriah.

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sabang Andri Nourman di Kota Sabang, Jumat, mengatakan penggalangan dana dilakukan Pemkot Sabang bersama lintas sektor hingga komunitas dan elemen masyarakat sebagai bentuk kepedulian sesama.

Dalam kurun waktu dua pekan, kata dia, Pemkot Sabang berhasil mengumpulkan donasi yang mencapai Rp126 juta lebih untuk korban bencana Turki dan Suriah.

"Alhamdulillah, tingkat kepedulian masyarakat di Sabang sangat besar. Kepedulian dan antusias masyarakat untuk menyisihkan sebagian rezekinya demi para korban gempa di Turki dan Suriah sangat tinggi,” kata Andri Nourman.

Data terbaru, sekitar 46 ribu korban jiwa akibat peristiwa gempa yang mengguncang Turki dan Suriah, serta kerusakan berbagai fasilitas sosial dan umum lainnya dari dua negara tersebut.

Andi menyebut penggalangan donasi tersebut difasilitasi oleh Bagian Kesra Setda Kota Sabang, sebagai tindak lanjut dari instruksi Penjabat Wali Kota Sabang Reza Fahlevi melalui surat edarannya.

"Melalui donasi ini, seluruh lapisan masyarakat Kota Sabang juga menyampaikan belasungkawa atas musibah yang dialami warga Turki dan Suriah," ujarnya.

Andri Nourman mengatakan, hingga kini penggalangan dana untuk warga terdampak gempa Turki dan Suriah masih terus berlangsung hingga 28 Februari 2023.

Warga bisa langsung menyalurkan donasi melalui Bank Aceh Syariah atas nama Donasi Gempa Turki Sabang, dengan nomor rekening 11002249999999.

"Per 28 Februari 2023, seperti yang sudah ditentukan, seluruh donasi ini akan kita kumpulkan dan kita serahkan kepada Pemerintah Aceh untuk disalurkan ke Turki dan Suriah," kata Andri.

Dengan adanya bantuan tersebut, dia berharap dapat membantu dan meringankan beban para korban musibah bencana gempa bumi yang melanda Turki dan Suriah.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment