Sandiaga: Jejakk Kreatif 2023 Perkuat Jejaring Kabupaten/kota Kreatif

20 Mei 2023 11:54
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Semarang menghadirkan "Semarak Jejaring Kabupaten/Kota (Jejakk) Kreatif Indonesia 2023" di kawasan Kota Lama, Semarang, Jum'at (19/05/23). ANTARA/ (HO Kemenparekraf)

Sahabat.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, event Semarak Jejaring Kabupaten/Kota (Jejakk) Kreatif Indonesia 2023 mampu memperkuat kolaborasi dari seluruh kabupaten/kota kreatif untuk berjejaring sehingga saling memperkuat potensi ekonomi kreatif sekaligus memperluas pasar.
 
"Kegiatan ini bertujuan memperkuat kolaborasi dari seluruh kabupaten/kota kreatif untuk berjejaring agar dapat saling memperkuat potensi ekonomi kreatif sekaligus memperluas pasar, sehingga ruang untuk berinovasi, adaptasi, dan kolaborasi semakin terbuka luas," ujar Sandiaga dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu.
 
Sandiaga dalam pembukaan acara yang digelar di Semarang, menyebut pada event yang digelar selama tiga hari hingga 21 Mei 2023 ini, masyarakat bisa melihat karya-karya ekonomi kreatif bukan hanya dari 35 kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah, tapi di seluruh Indonesia khususnya yang telah menjadi bagian dari ekosistem kabupaten/kota kreatif Indonesia.
  
Selain itu, beberapa destinasi wisata Nusantara turut dipasarkan termasuk desa-desa wisata.
 
Pemilihan kota Semarang sebagai lokasi penyelenggaraan acara tidak lepas dari keseriusan Pemkot Semarang bersama Pemprov Jawa Tengah dalam mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif.
 
Jawa Tengah merupakan provinsi dengan kabupaten/kota paling banyak yang tergabung dalam ekosistem Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif.
 
Ada 9 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang sudah mendapatkan penetapan kabupaten/kota kreatif dan ada 19 (kabupaten/kota) yang sudah mengikuti proses uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Indonesia (PMK3I).
 
Sandiaga berharap penyelenggaraan acara ini dapat memicu kabupaten/kota lain untuk terus memperkuat potensi ekonomi kreatif di daerah masing-masing, terlebih ada enam kabupaten/kota yang sedang berupaya masuk dalam jejaring The UNESCO Creative Cities Network (UCCN).
 
Sementara itu, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Hariyanto mengatakan, Semarak Jejakk Kreatif Indonesia merupakan acara puncak dari program kabupaten/kota kreatif Indonesia.
 
"Nantinya acara ini akan digelar setiap tahun di kabupaten/kota kreatif lain yang tentunya sudah masuk dalam ekosistem kabupaten/kota kreatif Indonesia," ujarnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment