Satgas Damai Cartenz Gelar Operasi Selamatkan Pilot Susi Air dan 15 Pekerja yang Disandera KKB di Papua

08 Februari 2023 06:33
Penulis: Ramses Manurung, news
Ilustrasi pesawat Susi Air/ist

Sahabat.com - Satgas Operasi Damai Cartenz menggelar operasi pencarian terhadap pilot dan lima penumpang pesawat Susi Air yang dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) teroris pimpinan Egianus Kogoya.

Pesawat jenis Pilatus Porter milik Susi Air dengan nomor penerbangan PK-BVY yang dibakar oleh KKB pimpinan Egianus, pada Selasa (7/2) pagi, diawaki pilot berkebangsaan Selandia Baru.

Pesawat yang melayani penerbangan subsidi dengan rute Timika-Paro tersebut membawa lima orang penumpang termasuk seorang bayi. Kelima penumpang antara lain, Demanus Gwijangge, Minda Gwijangge, Pelenus Gwijangge,Meita Gwijangge dan Wetina W.

Selain pilot dan lima penumpang Susi Air, KKB Papua juga diduga menyandera 15 orang pekerja pembangunan Puskemas. Tim gabungan sedang berupaya mencari keberadaan 15 pekerja tersebut.

Danrem 172/PWY Brigjen TNI JO Sembiring mengatakan, saat ini pihaknya sedang berkoordinasi untuk melakukan pencarian dan menyelamatkan mereka.

"Tim gabungan sedang melakukan langkah-langkah taktis dan teknis untuk mencari serta menyelamatkan pilot serta masyarakat," kata Brigjen TNI JO Sembiring, Rabu (8/2/2023).

Jenderal Kopassus tersebut, saat ini sudah berada di Timika untuk melakukan kordinasi dan pencarian korban KKB.

Terpisah, Komandan Satgas Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani mengatakan Distrik Paro, Kabupaten Nduga merupakan basis dari KKB pimpinan Egianus Kogoya.

"Egianus dan kelompoknya termonitor sudah enam bulan berada di Paro dan di wilayah itu memang tidak ada aparat keamanan," jelas Kombes Faizal.

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment