Satgas Pamtas-Puskesmas Badau Laksanakan Posbindu Lansia di Perbatasan

02 Maret 2023 02:21
Penulis: Alber Laia, news
Petugas kesehatan Puskesmas Badau bersama prajurit Satgas Pamtas Yonarmed Trk Bogani memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam program Pos pembinaan terpadu (Posbindu) yang dilaksanakan di Desa Seriang Kecamatan Badau perbatasan Indonesia-Malaysia, wilayah Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Yonarmed Trk Bogani. (Teofilusianto Timotius)

Sahabat.com - Satuan tugas pengamanan perbatasan (Satgas Pamtas) Yonarmed 19/105 Trk Bogani bersama Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Badau melakukan program Pos pembinaan terpadu (Posbindu) untuk masyarakat lanjut usia (Lansia) di Desa Sering Kecamatan Badau perbatasan Indonesia-Malaysia wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

"Kami membantu tenaga kesehatan Puskesmas dalam program Posbindu untuk melakukan pemeriksaan rutin dan deteksi dini penyakit pada Lansia," Komandan Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani Letkol Arm Edi Yulian Budiargo, dihubungi ANTARA, di Badau Kapuas Hulu, Kamis.

Disampaikan Edi, dalam melakukan deteksi dini penyakit tidak menular yang dilaksanakan setiap bulan, petugas kesehatan bersama prajurit Satgas Pamtas khusus bidang kesehatan juga melakukan edukasi dan sosialisasi terkait pola hidup sehat bagi masyarakat di perbatasan.

Menurutnya, kegiatan Posbindu tersebut meliputi, pemeriksaan tes tanda vital seperti tensi, kemudian melaksanakan pemeriksaan gula darah, diabetes dan kolesterol.

Dikatakan Edi, melalui program Posbindu tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama bagi masyarakat lanjut usia.

"Kami sebagai prajurit TNI terus berupaya untuk membantu setiap kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat," ucapnya.

Selain itu, melalui kegiatan pelayanan kesehatan itu juga dapat mewujudkan sinergisitas antara personel Satgas Pamtas dengan dinas kesehatan di wilayah perbatasan dalam membantu menjalankan program pemerintah untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dengan cara mendeteksi dini resiko penyakit kepada masyarakat secara berkala.

Sementara itu, Bidan Puskesmas Kecamatan Badau Anas mengatakan kehadiran Satgas Pamtas membantu meringankan tugas tenaga kesehatan di perbatasan.

Dia mengatakan untuk menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan pengetahuan terkait kesehatan di tengah masyarakat perlu dukungan semua pihak, sehingga dengan adanya sinergisitas mempermudah pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama bagi masyarakat lanjut usia.

"Kami berterima kasih atas bantuan personil Satgas Pamtas Pos Seriang, sehingga program Posbindu bisa dilaksanakan dengan lancar," katanya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment