Satpol PP Jakbar Tegur Warga yang Rumahnya Tak Miliki Tangki Septik

27 Februari 2023 08:49
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko saat menghadiri kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Senin (13/2/2023) ANTARA / Ho Pemkot Jakarta Barat

Sahabat.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Barat melakukan teguran terhadap  warga kalangan menengah atas yang rumahnya tidak memiliki tangki septik layak.

"Bagi masyarakat yang merasa mampu dan tidak memiliki tangki septik terus membuang air ke sungai saya imbau mulai sekarang bikin (tangki septik) kalau tidak nanti Satpol PP akan datang untuk melakukan teguran," kata Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko, saat ditemui di Jakarta, Senin.

Menurut Yani, keberadaan tangki septik sangat diperlukan guna memastikan warga tidak membuang kotoran ke sembarang saluran air.

Dengan adanya tangki septik, lingkungan pun bisa bersih dan warga sekitar bisa terhindar dari penyakit dan potensi tengkes atau stunting.

"Sesuai Perda Nomor 8 tahun 2007 tentang ketertiban umum Pasal 21 itu disebutkan setiap orang atau badan dilarang untuk melakukan pencemaran terhadap lingkungan," jelas Yani.

Saat ini, 96,3 persen Kepala Keluarga (KK) di Jakarta sudah memiliki tangki septik yang layak atau hidup dengan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

"Sekarang 523.000 lebih KK di Jakarta Barat atau sekitar 96,3 persen sudah bisa mengakses STBM, artinya tinggal sekitar 3,7 persen lagi warga yang belum mengakses STBM," kata Yani.

Untuk mengejar angka 3,7 persen tersebut, Yani beserta jajarannya melakukan pembangunan tangki septik komunal secara gratis untuk warga tidak mampu di pemukiman yang belum berpredikat  Open Defecation Free (ODF) melalui program "Jumat Berfaedah".

ODF merupakan status yang disematkan kelurahan jika seluruh warganya sudah menerapkan STBM. Salah satunya memiliki tangki septik layak.

Dengan program tersebut, dia berharap seluruh warga di Jakarta Barat telah memiliki tangki septik yang layak.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment