Satu Jamaah Haji Asal Palembang Hilang, PPIH Bakal Cari Sampai 4 Agustus

21 Juli 2023 03:04
Penulis: Adiantoro, news
Ketua PPIH Arab Saudi 1444H Subhan Cholid. (Istimewa/Kemenag)

Sahabat.com - Keberadaan jamaah haji asal Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Idun Rohim Zen hingga kini belum diketahui.

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) terus berupaya mencari pria berusia 87 tahun itu yang hilang dan belum ditemukan.

Idun Rohim dikabarkan hilang saat puncak haji Armina. Dia terpisah dari rombongannya di Arafah pada 27 Juni 2023/9 Zulhijah 1444 H.

Idun Rohim yang tergabung dalam kloter 20 Embarkasi Palembang (PLM 20) hingga saat ini belum ditemukan. Sejak itu, proses pencarian dilakukan PPIH hingga sekarang.

"PR kita saat ini menemukan jemaah haji atas nama Bapak Idun. Sampai berakhirnya masa operaional haji, kami terus berupaya. Kami berkomunikasi dengan pihak maktab dan kepolisian Makkah untuk update proses yang mereka lakukan," kata Ketua PPIH Arab Saudi Subhan Cholid di Jeddah, seperti dilansir dari laman Kemenag, Jumat (21/7/2023).

Pencarian akan dilakukan oleh PPIH hingga 4 Agustus 2023 atau akhir masa operasional haji 2023. Jika tak ada kabar baik, mereka akan menyerahkannya kepada Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Arab Saudi.

"Jika sampai operasional berakhir, Idun belum ditemukan, akan kita serahkan ke perwakilan pemerintah di KJRI Jeddah untuk melanjutkan proses berikutnya," lanjut Subhan.

Dia berharap, Idun Rohim bisa segera ditemukan. Pihaknya juga terus berkomunikasi dengan keluarga Idun Rohim.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pelindungan Jamaah Harun Al Rasyid mengatakan, proses pencarian Idun Rohim akan dilakukan hingga ke Jeddah. Ini dilakukan untuk mempercepat proses pencarian.

"Ke depan akan kita laksanakan peninjauan ke RS di Jeddah setelah kemarin tim 2 bergerak ke Jeddah maka Insya Allah tim 2 pun akan bergerak kembali menyisir jemaah yang dirawat di rumah sakit, ICU maupun di ruang jenazah rumah sakit di Jeddah," tukas Harun.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment