Seluruh Kota dan Kabupaten di DKI Raih Adipura

28 Februari 2023 08:24
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Warga Jakarta menikmati pemandangan gedung pencakar langit di Taman Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta, Minggu (9/1/2023). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Sahabat.com - Seluruh pemerintah kota administrasi dan kabupaten di DKI Jakarta meraih penghargaan Adipura untuk pertama kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Ini tidak terlepas dari kerja keras dan kerja nyata setiap pihak yang terlibat,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Asep Kuswanto di Jakarta, Selasa.

Provinsi DKI Jakarta mendapatkan penghargaan di seluruh kota dan kabupaten dengan rincian empat Anugerah Adipura, dua Sertifikat Adipura dan satu Plakat Adipura.

Anugerah Adipura diterima oleh Kota Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan, Sertifikat Adipura diterima oleh Kota Jakarta Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Sedangkan Plakat Adipura diterima oleh Jakarta Selatan dengan Tebet Eco Park nya sebagai Taman Kota Terbaik.

Asep melanjutkan peningkatan penghargaan Adipura menjadi salah satu bukti keseriusan semua pihak dalam menggarap isu lingkungan hidup dan pengelolaan sampah.

Ia menjelaskan Pemprov DKI memiliki Bidang Pengelolaan Sampah (BPS) di setiap Rukun Warga (RW).

BPS RW yang melakukan pengurangan dan pemilahan sampah di sumber atau hulu dengan sistematika pengangkutan terjadwal dan terpilah.

BPS RW juga membangun bank sampah untuk mengelola sampah material daur ulang, melakukan pengolahan sampah organik atau sampah mudah terurai melalui kompos.

Kemudian, pemanfaatan ulat maggot untuk mengolah sampah hingga eko enzim hasil fermentasi limbah organik untuk cairan pembersih rumah tangga.

Sedangkan di hilir, DKI melakukan optimalisasi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang di antaranya memproduksi sampah menjadi bahan bakar alternatif dan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah.

Capaian Adipura DKI Jakarta dari tahun ke tahun : 

2012: empat Anugerah Adipura

2013: tiga Anugerah Adipura

2014: tidak memperoleh

2015: tidak memperoleh

2016: satu Anugerah Adipura

2017: dua Anugerah Adipura dan dua Sertifikat Adipura

2018: dua Plakat Adipura, yaitu Jakarta Selatan untuk pasar terbaik dan Jakarta Timur untuk hutan kota terbaik

2019 - 2021: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tidak mengumumkan penghargaan Adipura dikarenakan pandemi COVID-19.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment