Sembilan Daerah di Kaltim Diprakirakan Hujan Petir Pada Jumat-Sabtu

09 Februari 2023 13:34
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Informasi prakiraan cuaca di Kota Balikpapan pada Jumat dan Sabtu yang dirilis BMKG Stasiun Balikpapan, Kamis (9/2) (Antara / HO BMKG Balikpapan)

Sahabat.com - Sembilan daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan mengalami hujan lebat hingga hujan petir yang dapat disertai angin kencang berdurasi singkat pada Jumat-Sabtu (10-11/2), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak dari peristiwa tersebut antara lain berupa banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor,," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita Sibarani di Kota Balikpapan, Kaltim, Kamis.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten masing-masing, agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Sedangkan sembilan kabupaten/kota yang diprakirakan mengalami peristiwa tersebut antara lain di Kota Balikpapan, pada Sabtu dini hari terjadi hujan petir di tiga kecamatan, yakni Balikpapan Kota, Balikpapan Selatan, dan Balikpapan Tengah, sedangkan kecamatan lain hujan ringan hingga pukul 05.00 Wita.

Untuk Kota Samarinda, pada Sabtu dini hari juga diprakirakan hujan petir di empat kecamatan, yakni Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Palaran, dan Kecamatan Samarinda Seberang, sedangkan kecamatan lainnya hanya terjadi hujan ringan.

Di Kota Bontang pada Sabtu sekitar pukul 05.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bontang Selatan, Bontang Barat, dan Bontang Utara.

Di Kabupaten Kutai Barat, pada Jumat sekitar pukul 20.00 Wita, hujan petir terjadi di Kecamatan Long Iram dan Linggang Bigung, pukul 23.00 Wira, hujan petir di Kecamatan Damai, Muara Pahu, Muara Lawa, dan Kecamatan Jempang.

Sabtu dini hari hujan petir terjadi di Kecamatan Damai, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan, sekitar pukul 05.00 Wita, hujan petir di Kecamatan Sendawar, Melak, Barong Tongkok, Mook Manaar Bulatn, Nyuatan, Sekolaq Darat, dan Tering.

Kabupaten Kutai Kartanegara pada Jumat sekitar pukul 20.00 dan 23.00 Wita, hujan petir di Kecamatan Tabang dan Kenohan, pada Sabtu pukul 02.00 Wkt hujan petir di Kecamatan sanga-sanga.

"Sabtu sekitar pukul 05.00 Wita, hujan lebat hingga hujan petir di Kecamatan Tenggarong, Muara Badak, Loa Kulu, dan Marang Kayu, sedangkan hampir semua kecamatan lainnya diprakirakan hujan tinggi hingga hujan sedang," ucap Carolina.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment