SMP Tarakanita 2 Helat Selebrasi P5 dan Festival Imlek

03 Februari 2023 16:24
Penulis: Mochammad Rizki, news
SMP Tarakanita 2 Gelar Selebrasi P5 dan Festival Imlek. (Net)

Sahabat.com - Salah satu Sekolah Penggerak, SMP Tarakanita 2 menggelar kegiatan selebrasi P5 dan Festival Imlek di Old Sanghai, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (3/2/2023). Puncak kegiatan P5 oleh kelas VII dengan tema "Kewirausahaan" ini,  bertujuan memperkuat dimensi gotong-royong, kreativitas dan pendidikan karakter Tarakanita. 

"Selain itu, semua peserta didik, guru, dan orang tua SMP Tarakanita 2 akan melaksanakan perayaan Imlek sekolah secara bersama," ujar Kepala Sekolah SMP Tarakanita 2, Yosef Todarung kepada wartawan. 

Kegiatan sendiri diinisiasi oleh SMP Tarakanita 2 bekerjasama dengan Old Shanghai dan FKKSKM Sinar Kasih. Ada berbagai acara yang dilaksanakan dalam kegiatan ini. Antara lain, bazaar makanan khas Imlek dan penampilan-penampilan bakat dari peserta didik SMP Tarakanita 2 yang bertemakan Imlek di tahun Kelinci (2023), seperti penampilan wushu, dance K-POP, story telling, puisi, menyanyi, permainan musik guzheng, dan penampilan lainnya. 

"Kegiatan ini menjadi bentuk kontekstualisasi penerapan kurikulum merdeka oleh SMP Tarakanita 2, dan sebagai contoh penyelenggaraan kegiatan P5 dari Sekolah Penggerak," kata Yosef. 

Menurut dia, yang paling utama dari kegiatan ini adalah guna menciptakan suasana belajar yang otentik dan menarik bagi peserta didik, sehingga mereka tidak merasa asing dari dunianya. Serta agar tumbuh rasa ingin tahu untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap mereka. 

"Kualitas interaksi antara peserta didik dengan teman sebayanya, dengan gurunya, dan dengan orangtua semakin bermakna, maka di situlah sesungguhnya pembelajaran itu bernilai. Mari dukung anak-anak untuk belajar hidup, tidak hanya untuk mendapat predikat," jelasnya. 

"Ucapan terima kasih tak terhingga dari Ketua Panitia Ibu Erna Wijayanti, kepada segenap pihak yang berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan ini. Kolaborasi yang solid mewujudkan Selebrasi P5 dan Festival Imlek 2023 menjadi luar biasa berkesan," imbuh Yosef. 

Ketua Forum Komunitas Komite Sekolah Keluarga dan Masyarakat Sinar Kasih Tarakan 2, Vita mengapresiasi Kegiatan Selebrasi P5 dan Festival Imlek yang sudah dikemas sedemikian rupa. 

"Sehingga bisa terlaksana di tempat ini, yang megah ini. Mengingat sekolah lain pelaksanaannya masih sekitar sekolah yang mungkin nggak jauh dari lingkungan sekolah. Tapi SMP Tarakanita sudah berani melakukan terobosan pelaksanaan P5 bisa dilaksanakan di tempat ini," ujar Vita. 

Ia mengucapkan terima kasih kepada tim dari panitia dari acara tersebut dan seluruh pihak lainnya termasuk kepala sekolah, karena sudah membuat terobosan-terobosan seperti ini. Hal ini mengingat, kegiatan tersebut bisa terlaksana bukan dengan proses yang instan, namun ada perencanaan dan persiapan. 

"Kurang dan kelebihan kegiatan ini semua itu biasa. Saya ingin mengingatkan kepada bapak-ibu, kepala sekolah, tim jadikanlah kegiatan ini menjadi kegiatan belajar ke depannya. Kekurangan harus segera dievaluasi acaranya pelaksanaan P5 ke depannya menjadi lebih baik," tuturnya. 

Hadir dalam kegiatan ini antara lain fasilitator Sekolah Penggerak Kemendikbudristek, Dinas Pendidikan Jakarta Utara 1, Yayasan Tarakanita, serta GM Operational Commercial Retail Sedayu City Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jarenta Sinaga. 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment