Sri Mulyani Copot Pejabat Pajak yang Anaknya Aniaya Putra Pengurus Ansor, Ini Alasannya..

24 Februari 2023 04:04
Penulis: Mochammad Rizki, news
Rafael Alun Trisambodo. (Net)

Sahabat.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta Rafael Alun Trisambodo dicopot dari jabatannya. Pencopotan Rafael buntut kasus penganiayaan anaknya Mario Dandy Satrio terhadap Cristalino David Ozora alias David, putra pengurus GP Ansor. 

"Dalam rangka untuk Kementerian Keuangan mampu melangsungkan pemeriksaan, maka mulai hari ini saudara RAT saya minta untuk dicopot dari tugas dan jabatannya," ujar Sri Mulyani, dalam jumpa pers, Jumat (24/2/2023).

Sri Mulyani mengatakan dasar pencopotan tersebut yakni pasal 31 ayat 1 PP 94 tahun 2001 mengenai disiplin PNS. Sri Mulyani juga meminta seluruh proses pemeriksaan dilakukan secara detail untuk memutuskan hukuman terhadap Rafael.

"Saya minta seluruh proses pemeriksaan dilakukan secara detail dan teliti hingga kemudian bisa menetapkan tingkat hukuman disiplin yang kami dapat tetapkan," kata dia.


Semester, Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Suahasil Nazara, mengatakan pencopotan ini dilakukan untuk pemeriksaan.

"Mengenai status dari saudara RAT yang bersangkutan per kemarin kita copot dari jabatannya, tetap ASN, yang berarti tetap terikat dengan seluruh kode etik, seluruh disiplin, seluruh aturan administratif ASN," ujar Suahasil di Kantor Pusat DJP Kementerian Keuangan, Jakarta Selatan, Jumat (24/2/2023).

Suahasil menjelaskan pencopotan Rafael untuk pemeriksaan. Dia berharap pencopotan ini bisa mempermudah jalannya pemeriksaan.

"Pencopotan tersebut dilakukan karena pemeriksaan akan kita lakukan dan ini adalah untuk mempermudah upaya pemeriksaan," tandasnya. 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment