Status Gunung Lewotobi Laki-laki Naik jadi Awas, Bandara Gewayantana-NTT Ditutup

10 Januari 2024 10:23
Penulis: Ramses Manurung, news
Gunung Lewotobi Laki-laki erupsi/ist

Sahabat.com-Status Gunung Lewotobi Laki-laki  meningkat dari semula level III atau siaga menjadi level IV atau awas. Peningkatan status terjadi karena gunung yang terletak di Flores Timur, NTT terus mengalami erupsi.

Guna mencegah kemungkinan terjadinya risiko yang dapat membahayakan aktivitas penerbangan, Bandara Gewayantana ditutup hari ini. 

"Status penutupan Bandara Gewayantana Rabu 10 Januari 2024 dari pukul 08.00-16.00 Wita," ujar Kepala Kantor UPBU Kelas III Gewayantana, Puguh Lukito, Rabu (10/1/2024).

Baca juga: Gunung Lewotobi Laki-Laki Kembali Erupsi, Muntahkan Abu Setinggi 1.500 Meter

Puguh menjelaskan penutupan Bandara Gewayantana akan berlangsung mulai Rabu pagi hingga sore. Penutupan Bandara Gewayantana mengakibatkan sejumlah maskapai tidak bisa terbang.

Salah satunya adalah Wings Air dari Kupang-Larantuka dengan 20 penumpang dan Larantuka-Kupang dengan 62 penumpang. Hingga kini otoritas bandara terus mengamati aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki.

Masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 4 kilometer dari pusat erupsi gunung api itu dan juga tidak boleh berkegiatan dalam radius sektoral 5 kilometer pada arah barat laut-utara.

 

 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment