Tandu Kapolda Jambi Berputar Kencang Saat Dievakuasi, Prajurit TNI Penjaga Sampai Ikut Terbawa

22 Februari 2023 08:18
Penulis: Mochammad Rizki, news
Tandu Kapolda Jambi berputar kencang saat evakuasi.

Sahabat.com - Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan 7 orang lainnya telah berhasil dievakuasi dari hutan Kerinci, Jambi. Proses evakuasi menggunakan helikopter tersebut berlangsung dramatis.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pun memberikan apresiasi kepada semua tim yang terlibat. Kapolri juga memberikan penghargaan.

"Saya tentunya memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh tim yang tergabung dalam penyelamatan," ujar Jenderal Sigit dalam jumpa pers di RS Bhayangkara Jambi, Selasa (21/2/2023).

Proses evakuasi Kapolda Jambi dan rombongan dilakukan sejak Senin (20/2/2023). Proses evakuasi dilakukan lewat jalur darat maupun udara.

Kapolda Jambi dan penumpang helikopter milik Ditpolairud Polda Jambi itu dapat dievakuasi pada Selasa (21/2/2023) kemarin. Kapolda Jambi Irjen Rusdi meminta menjadi pihak yang terakhir dievakuasi dari lokasi helikopter mendarat darurat.

Pada proses evakuasi Irjen Rusdi menggunakan tandu, terdapat seorang personel TNI yang ikut naik. Prajurit TNI tersebut memegang dan menjaga tandu Irjen Rusdi saat diangkat ke udara.

Momen itu terekam dalam video yang diunggah di akun Instagram Polda Jambi. Tampak prajurit TNI bersama tandu berputar semakin kencang saat semakin tinggi.

Terungkap penyebab tandu tersebut berputar saat proses evakuasi menggunakan helikopter. Penyebabnya diungkap oleh TNI AU melaui akun instagramnya.

"Karena kondisi Kapolda mengalami cedera sehingga posisinya harus agak miring yang mengakibatkan dragbar tidak bisa balance sehingga dragbar bersama tim evakuasi dari Yonko 462 Kopasgat pada saat dinaikkan ke heli mengalami twist (berputar)," demikian keterangan dari Penerangan Kopasgat TNI AU dalam postingan di akun Instagram @kopasgat_tniau, Selasa (21/2/2023).

Termasuk kepada anggota TNI tersebut, Kapolri kembali mengapresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses evakuasi.

"Sekali lagi, jadi, saya terima kasih kepada seluruh tim yang tergabung baik dari Basarnas, dari Angkatan Udara, dari Kopasgat, kemudian dari Korem, dari BMKG, dari Angkasa Pura, termasuk masyarakat, ada juga Pak Bupati-Wakil Bupati yang semuanya tergabung yang mungkin saya tidak bisa sebutkan satu per satu," ujarnya.

"Tapi ini menjadi bagian tim yang solid yang kemudian bisa melakukan evakuasi ini dengan sangat baik. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih," tambah dia.

Kapolri menjelaskan saat ini kedelapan korban sedang mendapatkan penanganan lanjutan di rumah sakit (RS) maupun di posko di Kabupaten Merangin, Jambi.

"Enam sudah dibawa ke RS Bhayangkara dan 2 masih dirawat di Posko Merangin," katanya.

Kapolri pun telah bertemu Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono. Dia mengatakan Rusdi dalam kondisi stabil.

"Saya sudah bertemu tadi dengan Kapolda Jambi yang baru saja mendarat, kondisinya masih sadar, cukup stabil, saya berbincang dengan beliau, sedang dibawa ke RS Bhayangkara," kata dia.

Selain Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, dalam kecelakaan helikopter ini ada 7 orang korban lainnya. Berikut daftarnya:

1. Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono
2. Dir Reskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yusdhistira
3. Dir Polair Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan
4. Koorspripim Kompol Ayani
5. ADC Kapolda Jambi atas nama Briptu Muhardi Aditya
6. Pilot AKP Ali Nurdin S Harahap
7. Kopilot AKP Amos Freddy P Sitompul
8. Mekanik Aipda Susilo

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment