Tekad Bupati Raja Ampat Ingin Dinobatkan Jadi Orang Batak

21 Maret 2023 15:05
Penulis: Mochammad Rizki, news
Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati dan istri, Faujia Helga Umlati Br. Tampubolon. (Net)

Sahabat.com - Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati (AFU) berkeinginan dinobatkan menjadi orang Batak. Ini mengingat sang istri, berasal dari suku Batak Toba.

Istri dari AFU adalah Faujia Helga Umlati Br. Tampubolon, putri dari almarhum Jhon Bona Tampubolon, mantan Ketua Ikatan Kerukunan Keluarga Batak Kota Sorong (IKKBS) yang saat ini berganti nama menjadi Kerukunan Masyarakat Batak Kota Sorong (KMBKS).

Keinginan AFU ini dikemukakan di hadapan puluhan marga Batak pada acara tatap muka bersama para tokoh Batak yang ada di Sorong, di Kriyad Hotel, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Senin (20/3/2023).

Menurut AFU, niatnya untuk dinobatkan menjadi orang Batak terinspirasi dari acara adat pernikahan orang Batak, memberi dan menerima khususnya penyampaian ulos (kain) yang merupakan hasil tenunan dari para ahli tenun di tanah Batak.

"Saya tertarik prosesi adat Batak ini. Saya mendapat ulos saat acara. Kapan saya bisa memberi ulos?," ujar AFU seraya bertanya kepada sang istri.

Pertanyaan itu kemudian dijawab sang istri. "Bapa belum bisa menyerahkan ulos karena kita belum menggelar adat Batak, bapa harus dinobatkan menjadi orang Batak," kata Faujia. 

Jawaban Faujia pun bakal ditindaklanjuti AFU. Ia akan meminta orang tua Batak khususnya marga Tampubolon, agar niat tulusnya menjadi orang Batak dengan memiliki marga, segera tercapai. 

"Saya akan utarakan niat saya ini di hadapan tua, tua Batak. Kami berdua pesta adatnya selesai Lebaran," kata dia. 

Di depan orang tua Batak, AFU tidak segan-segan menyampaikan niatnya ini, lantaran yang ia pahami bahwa suku apa saja yang menikah dengan suku Batak, wajib dinobatkan marga agar adat istiadat bisa berlangsung sesuai adat Batak. Yaitu memberi dan menerima segala hak dan kewajiban sebagai orang Batak.

Apa yang disampaikan AFU untuk dimargakan sebagai orang Batak, kemudian diterima oleh orang tua adat Batak, khususnya marga Tampubolon (Tuan Sihubil).

Perihal AFU dinobatkan masuk jadi marga Batak, nantinya akan dibicarakan oleh dua marga yang berkompoten.

Diketahui, Abdul Faris Umlati sudah puluhan tahun menikah dengan Faujia. Keduanya bahkan sudah dikaruniai tiga orang putra.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment