Tinggi Muka Air Di Pos Pantau Pintu Air Pulo Gadung Siaga 3

14 Februari 2024 06:38
Penulis: Adiantoro, news
BPBD DKI Jakarta menaikkan status tinggi muka air di pintu air Pulo Gadung, Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, menjadi siaga 3, pada Rabu (14/2/2024) pagi. (Istimewa)

Sahabat.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menaikkan status tinggi muka air di pintu air Pulo Gadung, Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, menjadi siaga 3 pada Rabu (14/2/2024) pagi.

Mengutip informasi resmi dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) Pemprov DKI Jakarta, pada pukul 05.00 WIB, tinggi muka air di pintu air Pulogadung berada pada posisi 560 cm dengan cuaca hujan, sehingga status meningkat menjadi waspada atau siaga 3. 

Kenaikan tinggi muka air tersebut terjadi sejak pukul 03.00 WIB dengan tinggi 490 cm dengan cuaca gerimis dengan status normal atau siaga 4.

Adapun antisipasi wilayah terdampak luapan sungai yakni Pulo Gadung, Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading Barat, Kebon Bawang, Sungai Bambu, dan Sumur Batu.

BPBD DKI Jakarta juga telah melakukan penyebaran informasi melalui media sosial, melalui Sistem Peringatan Dini Bencana (DEWS) dan pemberitahuan kepada camat dan lurah.

"Selain itu, dalam keadaan darurat, masyarakat diimbau untuk menghubungi pusat informasi (call center) Jakarta Siaga pada nomor 112," tulis BPBD DKI Jakarta di akun X (Twitter), dikutip Rabu (14/2/2024) pagi.

Sedangkan pada lokasi pintu air lainnya yakni Katulampa, Bogor (Jawa Barat), pada posisi 40 cm cuaca mendung. Kemudian Pos Depok berada pada posisi 135 cm dengan cuaca gerimis.

Selanjutnya, Pos Manggarai pada posisi 720 cm dengan cuaca hujan. Sedangkan Pos Karet berada pada posisi 400 cm dengan cuaca gerimis, serta Pos Krukut Hulu pada posisi 40 cm dengan cuaca gerimis.

Kemudian Pos Pesanggrahan pada posisi 80 cm dengan cuaca hujan. Untuk Pos Angke Hulu berada pada posisi 50 cm dengan cuaca mendung. Sementara Pos Waduk Pluit pada posisi -160 cm dengan cuaca Hujan. Dan Pasar Ikan-Laut pada posisi 180 cm dengan cuaca hujan.

Lalu, Pos Cipinang Hulu berada pada posisi 80 cm dengan cuaca gerimis.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment