UMPR-BEI Kalteng Bentuk Relawan Pasar Modal

17 Februari 2023 07:12
Penulis: Alber Laia, news
UMPR-BEI Kalteng kerja sama bentuk relawan pasar modal. (ANTARA/HO-Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)

Sahabat.com  - Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) dan Bursa Efek Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah (BEI Kalteng) membentuk relawan pasar modal sebagai kolaborasi untuk meningkatkan iklim investasi.

"Relawan pasar modal ini akan menjadi program di mana mahasiswa saling mengedukasi dan memperkenalkan tentang investasi serta berbagai instrumen lain di pasar modal kepada sesama maupun masyarakat sekitar," kata Wakil Rektor III UMPR, Apt Guntur Satrio Pratomo, SFarm MSi, di Palangka Raya, Jumat.

Guntur berharap, program kolaborasi ini mampu meningkatkan kesadaran tentang pentingnya dan manfaat untuk berinvestasi sejak dini, terutama bagi generasi Z.

Relawan pasar modal akan memberikan edukasi kepada sesama terkait investasi, terutama yang dilakukan di pasar modal, seperti program menabung saham.

"Kehadiran relawan pasar modal ini juga semakin menguatkan kolaborasi BEI Kalteng dan UMPR, yang sudah terjalin sejak 2018. Selain itu untuk memaksimalkan keberadaan Galeri Investasi dengan tipe Galeri Investasi Syariah," kata Guntur.

Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Palangkaraya didampingi Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan, Karyanti, MPd, Koordinator Kerja Sama dan Urusan Internasional, RD Artha Qairi, MAP serta perwakilan mahasiswa UMPR juga telah menyambangi kantor Perwakilan BEI Kalimantan Tengah.

Kepala BEI Kalteng Stephanus Cahyo Adiraja mengatakan, pihaknya siap menjadi wadah untuk para mahasiswa UMPR belajar mengasah kemampuan di luar pembelajaran kuliah.

"Kami siap menerima mahasiswa magang di BEI Kalteng, ini juga sebagai bentuk timbal balik kerja sama yang dijalin. Melalui relawan pasar modal ini kami juga berharap investasi di kalangan generasi muda Kalteng meningkat," kata Cahyo.

Bursa Efek Indonesia atau Indonesia Stock Exchange adalah wadah bagi para pelaku saham untuk memperjualbelikan setiap saham yang mereka miliki.

Bursa efek sendiri mempunyai peran penting untuk menggerakkan perekonomian negara karena setiap dividen (bagian dari pendapatan suatu perusahaan) yang dibagikan kepada para pemegang saham akan dikenakan pajak oleh pemerintah. Tambahan pemasukan melalui pajak ini akan meningkatkan pendapatan negara.

Pasar modal merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment