Waduh! Dosen Universitas Siliwangi Diduga Lecehkan Mahasiswi

08 Februari 2023 08:23
Penulis: Mochammad Rizki, news
Ilustrasi. (Net)

Sahabat.com - Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya dihebohkan dengan kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan seorang dosen terhadap mahasiswi. Dosen itu diduga melakukan pelecehan atau kekerasan seksual selama beberapa tahun terakhir.

Dari informasi yang dihimpun, seorang mahasiswa yang mewakili sebuah universitas di Jerman diduga jadi korban pelecehan salah satu dosen tersebut.

Wakil Rektor bidang Umum dan SDM Unsil Tasikmalaya Gumilar Mulya membenarkan adanya kasus itu dan sudah ditangani pihak rektorat. 

"Memang benar ada indikasi terjadinya kekerasan seksual di kampus kami. Satgas PPPK (Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual) sudah bergerak, menampung laporan dari semua yang pernah merasa dilecehkan," ujar Gumilar, Rabu (8/2/2023).

Gumilar menjelaskan Satgas PPPK sekarang sedang melakukan investigasi terkait kasus ini. Bukti dan saksi yang berkaitan dengan dugaan pelecehan seksual itu terus digali.

"Sedang diinvestigasi, sejauh ini sudah ada bukti pengakuan dan rekaman CCTV. Memang korbannya lebih dari satu, tapi bentuk kekerasan atau pelecehannya seperti apa, tidak dapat kami sampaikan di sini," tutur Gumilar.

Terkait rekaman CCTV yang menjadi alat bukti, Gumilar menjelaskan rekaman itu berisi perlakuan dosen kepada mahasiswa yang mewakili universitas asal Jerman. Saat itu korban dan dosen berpapasan di lorong selebar 2 meter. Tapi entah mengapa, sang dosen menabrakkan bahunya. Korban kemudian menegur, namun malah mendapatkan jawaban yang melecehkan.

"Bukan mahasiswa asal Jerman, tapi dia warga Indonesia yang kuliah di Jerman. Namun memang kedatangannya ke sini mewakili Jerman," kata Gumilar.

"Lorong itu 2 meter, jadi seharusnya tidak harus bertabrakan. Tapi dia menyenggol bahu, korban bertanya tapi jawabannya kurang mengenakan," kata Gumilar.

Selain itu ada juga laporan dari korban-korban lain yang sudah ditangani oleh Satgas PPPK. "Hari ini pun Satgas PPPK dan Rektor sedang bertolak ke Jakarta untuk melapor ke Kemendikbud terkait kasus ini," tutur Gumilar.

Dia menegaskan pihak Unsil akan mengambil langkah-langkah tegas sesuai aturan dalam menangani kasus pelecehan dosen terhadap mahasiswi itu. "Kami berusaha tegas dan memedomani aturan-aturan," tandasnya. 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment