Wakil Ketua DPRD Kaltim ajak Generasi Muda Menjadi Petani

06 Februari 2023 03:35
Penulis: Alber Laia, news
Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun. (ANTARA/Fandi)

Sahabat.com - Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun mengajak kaum muda menjadi petani dan tidak memandang rendah pekerjaan tersebut karena profesi petani berpeluang sebagai penyokong kedaulatan pangan daerah.

"Generasi muda atau yang biasa disebut generasi milenial Kaltim mesti bangga dengan profesi petani, sebab berkat jasa petani kebutuhan pangan daerah tercukupi," katanya di Samarinda, Minggu.

Saat ini, lanjut dia, perlu ditanamkan sebuah dogma atau keyakinan kepada petani milenial bahwa petani itu keren sehingga mereka mereka bangga menjadi petani walaupun hasilnya saat ini belum seberapa tapi keberkahan yang luar biasa.

Jika ditelisik lebih dalam, kata dia, potensi pertanian pangan sangat besar apalagi menyambut Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menurutnya, ketersediaan pangan dari petani lokal belum berdaulat atau swasembada, karena kebutuhan beras, daging, tepung, gula, dan pangan lainnya di Kaltim masih banyak disokong dari luar daerah. Hal itu menandakan kebutuhan hasil pertanian pangan dengan ketersediaan lokal belum seimbang.

Namun, lanjut dia, kedaulatan pangan dari lokal Kaltim bisa diupayakan dari sekarang dengan menanamkan kepada para generasi muda untuk menggali potensi pertanian daerah dengan ilmu pengetahuan dan teknologi modern.

“Perpindahan ibu kota negara adalah potensi, ini yang menarik karena jika berbicara IKN, maka akan selaras dengan serbuan penduduk yang masuk dari luar daerah, sebab kalangan ASN pusat, TNI, Polri, dan pegawai pemerintahan di lingkup kementerian tentu akan memboyong keluarganya ke Kaltim yang berimbas pada kebutuhan pangan yang signifikan,” ucap Samsun.

Legislator daerah pemilihan (dapil) Kutai Kartanegara itu menegaskan  potensi pertanian tentu menjadi sektor yang mesti digarap mulai saat ini, sebab migrasi besar-besaran tersebut berdampak pada kebutuhan produk pertanian yang signifikan.

Peluang produk pertanian yang masif itu, kata dia, jika tidak dibarengi dengan penanaman di pertanian oleh generasi muda, tentu produk pertanian Kaltim akan kalah. 

“Oleh karena itu, persiapkan dari sekarang, Kaltim masih memiliki potensi pertanian yang cukup besar dengan potensi lahan pertanian masih luas di beberapa daerah seperti di Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat, Mahakam Ulu, Berau, Penajam Paser Utara, Paser dan wilayah lainnya, termasuk Kota Samarinda harus dioptimalkan,” tutur Samsun.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment