Wali Kota Medan Apresiasi Petugas Kebersihan Wujudkan Medan Bersih

22 Februari 2023 11:37
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Wali Kota Medan Bobby Nasution memberi sambutan dalam peringatan HPSN 2023 tingkat Kota Medan di Medan, Rabu (22/2/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

Sahabat.com - Wali Kota Medan Bobby Nasution mengapresiasi seluruh petugas kebersihan yang telah berkontribusi mewujudkan Kota Medan, Sumatera Utara, lebih bersih dan terlihat asri.

"Secara pribadi, saya ucapkan terima kasih petugas kebersihan. Terima kasih sudah bantu kami menjadikan Kota Medan lebih bersih dan asri," ucap Bobby dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 tingkat Kota Medan di Medan, Rabu.

Selain itu pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat agar menjadikan momentum HPSN 2023 sebagai pengingat kepedulian kebersihan, terutama kesadaran membuang sampah pada tempatnya.

Pemkot Medan mengharapkan HPSN tahun ini bisa menjadi refleksi tentang perlakuan sampah setiap hari yang dihasilkan oleh manusia, dan menumbuhsuburkan kepedulian terhadap lingkungan.

Data Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan menyebut ibu kota Provinsi Sumatera Utara memproduksi sampah, baik organik maupun anorganik sekitar 2.000 ton/hari.

"Setiap hari kita menghasilkan 2.000 ton sampah. Saya berharap ke depan masyarakat, dimulai rumah tangga bisa memilah sampah agar bernilai ekonomis," terang dia.

Sebab, katanya, kalau hanya sekadar membawa sampah ke tempat penampungan sampah sementara, dan tempat pembuangan akhir (TPA) Terjun akan memakan waktu dan biaya.

Acara HPSN 2023 digelar Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan dengan menghadirkan unsur Forkopimda, Konsul Belanda, Konsul Jepang, perangkat daerah, camat se Kota Medan, para siswa SD, SMP, SMA, mahasiswa dan penggiat lingkungan.

"Artinya, jangan hanya fokus pengelolaan di akhir, tetapi juga pemanfaatan di awal," tegas Bobby.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, Suryadi Panjaitan mengatakan peringatan HPSN 2023 ini momentum membangkitkan semangat Kota Medan meraih penghargaan Adipura.

"Mari bersama- sama kita gabungkan, dengan semangat kolaborasi membawa pulang kembali Adipura ke Kota Medan," ucapnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment