Wali Kota: Pendidikan tak hanya Fokus Pengetahuan tapi juga Karakter

26 Januari 2023 03:21
Penulis: Alber Laia, news
Wali Kota Caroll JA Senduk melantik kepala sekolah, kepala TK dan auditor di Tomohon, Kamis. ANTARA/HO-HUMAS (1)

Sahabat.com - Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut), Caroll JA Senduk menyebutkan peningkatan pendidikan tak hanya berfokus pada pengetahuan, tapi juga pembentukan karakter peserta didik.

"Kami berharap guru yang diberikan tugas sebagai kepala sekolah mampu memimpin, mengelola sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan transformasi pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik," kata Wali Kota Caroll saat melantik kepala sekolah, kepala TK dan auditor di Tomohon, Kamis.

Menurut dia, peningkatan pendidikan bukan hanya diarahkan pada peningkatan pengetahuan tapi juga pembentukan karakter peserta didik yang bermoral, beretika, dan takut Tuhan.

"Peningkatan akses masyarakat terhadap pendidikan yang bermutu juga sangat penting guna menciptakan keadilan kepada seluruh masyarakat tentang akses pendidikan," katanya.

Wali Kota Caroll menegaskan, kinerja kepala sekolah selama menjabat harus menjadi perhatian utama dalam tugasnya sebagai manajer.

"Harus cermat, memahami regulasi, tegas, disiplin, namun tetap humanis dan bisa bekerja sama dengan staf peserta didik, komite dan masyarakat, menjaga diri melaksanakan peraturan yang berlaku," ajaknya.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut kembali mengingatkan pengelolaan dana BOS oleh kepala sekolah.

"Jangan menyalahgunakan dana BOS, gunakanlah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, serta terus berkoordinasi secara berjenjang, loyal dalam melaksanakan tugas, serta selalu bekerja dengan hati, guna terciptanya pendidikan yang bermutu dan berkelas dunia," katanya.

Wali Kota Tomohon melantik lima kepala SMP, 15 kepala SD, dua kepala TK, dua pengawas sekolah dan satu auditor.

"Pelantikan kepala sekolah, pengawas sekolah dan pejabat fungsional menjadi momentum yang menandai meningkatnya tanggung jawab yang harus dilaksanakan," katanya.*(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment