Wapres Sambut Baik Peluang Kerja Sama Sertifikasi Halal RI-Vietnam

09 Januari 2024 22:27
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Wapres Ma'ruf Amin dalam kunjungan kerja di Sleman, Yogyakarta, Selasa (9/1/2024). ANTARA/HO-BPMI Setwapres

Sahabat.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyambut baik peluang kerja sama Indonesia dengan Vietnam terkait penyediaan sertifikasi halal.

Demikian disampaikan Wapres saat menjawab pertanyaan media tentang keinginan Pemerintah Vietnam, melalui Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Ta Van Thong beberapa waktu lalu, untuk bekerja sama dengan Indonesia terkait penyediaan sertifikasi halal.

"Saya kira keinginan Vietnam ini akan kita respons," kata Wapres di sela kunjungan kerja di Yogyakarta, sebagaimana siaran pers yang diterima di Jakarta.

Dia mengatakan ada dua kemungkinan kerja sama yang bisa dijalin antara Indonesia dengan Vietnam terkait sertifikasi halal.

"Apa mereka hanya menjadi semacam lembaga pengelola, yang sertifikasinya di Indonesia. Atau juga mereka ada lembaga sampai kepada sertifikasi sendiri, (sementara) kita (yang) memberikan bimbingan dan pengakuan,” kata Wapres.

Wapres menyatakan akan mendorong pemerintah Vietnam untuk berkomunikasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) di Indonesia.

“Saya minta nanti supaya berhubungan dengan BPJPH di Indonesia,” kata Wapres.

Wapres menekankan bahwa BPJPH merupakan lembaga yang menerapkan standar halal di Indonesia, yang memberikan asistensi bukan saja untuk di dalam negeri tapi juga di luar negeri.

Menurut Wapres, dalam konteks kerja sama luar negeri, Indonesia telah memiliki berbagai bentuk kerja sama pada bidang syariah di sejumlah negara.

“Kita punya lembaga- lembaga, ada di Korea namanya 'Ini Halal Korea', di RRT yang saya kunjungi kemarin di Shanghai itu namanya 'Al-Amin'. Ini merupakan lembaga yang mengelola halal tapi sertifikatnya dari Indonesia dan ada yang sertifikatnya (ditetapkan) setempat,” jelasnya.

Dalam teknis penanganan sertifikasi halal, Wapres menyebut Vietnam dapat mengajukan bentuk kerja sama seperti apa yang diinginkan, yang nantinya akan disesuaikan dengan kepentingan kedua negara.

Sebelumnya, Dubes Vietnam untuk Indonesia Ta Van Thong mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Vietnam sedang mengembangkan strategi untuk mengembangkan industri ekspor halal, baik dalam bentuk produk makanan, jasa dan produk lainnya.

Van Thong menjelaskan bahwa Pemerintah Vietnam juga berupaya melakukan kerja sama dengan Pemerintah Indonesia untuk menerbitkan sertifikat halal bagi industri Vietnam.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment