Yayasan Nusantara Membangun Bangsa, Sondang Tampubolon dan Yayasan Kementerian BUMN Berikan Bea Siswa kepada Ratusan Pelajar dan Mahasiswa

05 April 2023 03:20
Penulis: Ramses Manurung, news
Ivanne Simanjuntak Ketua Dewan Pengawas Yayasan Nusantara Membangun Bangsa (YNMB)

Sahabat.com - Yayasan Nusantara Membangun Bangsa (YNMB) bersinergi dengan Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Sondang Tampubolon dan Yayasan Kementerian BUMN memberikan bea siswa kepada ratusan pelajar dan mahasiswa. 

Pemberian bea siswa sebagai wujud nyata perhatian dan kepedulian terhadap peningkatan sumber daya manusia Indonesia ini digelar di Coverage Cafe di Jalan Laksamana Malahayati, Cipinang Muara, Jakarta Timur, Jakarta, pada Selasa (4/4/2023). 

Acara pemberian bea siswa kali ini terasa spesial karena dilaksanakan bertepatan dengan bulan Ramadhan. Penyerahan bea siswa dilakukan usai melakukan buka puasa bersama.

Secara simbolis Ketua Dewan Pengawas Yayasan Nusantara Membangun Bangsa (YNMB), Ivanne Simanjuntak mewakili Ketua YNMB Lince Berliana Tobing, Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Sondang Tampubolon dan perwakilan dari Yayasan  Kementerian BUMN menyerahkan langsung kepada enam siswa dan mahasiswa penerima bea siswa yang didampingi orang tua masing-masing yakni Fitri, Lestari, Pastio Ari Kurniawan, Anggun, Mutia dan Indi Rasukma.

Adapun nilai beasiswa yang diberikan untuk para mahasiswa sebesar Rp2,5 juta. 

Ditemui di sela-sela penyerahan bea siswa, Sondang Tampubolon mengatakan pemberian bea siswa ini merupakan wujud nyata dari perhatian dan kepedulian untuk ikut mencerdaskan dan juga memajukan sumber daya manusia Indonesia. 

“Hari ini saya bersinergi dengan Yayasan Nusantara Membangun Bangsa dan Yayasan Kementerian BUMN memberikan bea siswa kepada para siswa dan mahasiswa berprestasi.  Ini merupakan salah satu upaya positif bagaimana pendidikan bisa tetap berjalan. Karena kita tahu tidak semuanya gratis. Terutama mahasiswa,” ujar Sondang Tampubolon. 

“Kita memberikan beasiswa sebagai bukti kehadiran negara, pemerintah dan wakil rakyat yang mendengarkan aspirasi rakyat,” lanjutnya.

“Saya dari PDI Perjuangan di Komisi VI DPR RI bermitra dengan Kementerian BUMN, Kementerian Perdagangan, Kementerian Investasi, Kementerian Koperasi dan UMKM serta badan-badan lainnya. Sebagai anggota DPR RI harus memperjuangkan daerah pemilihannya. Dengan melibatkan CSR BUMN,” tambahnya. 

Selama ini dirinya bersinergi dengan berbagai pihak aktif membantu masyarakat seperti melakukan perbaikan rumah ibadah mulai dari masjid, gereja dan lainnya. 

“Hari ini kita berikan beasiswa kepada 70 mahasiswa dan 120 siswa SMA. Bea siswa yang diberikan benar-benar dimanfaatkan untuk kepentingan perkuliahan. Meningkatkan kualitas pendidikan,” tandasnya.

Sondang lebih lanjut menerangkan para siswa dan mahasiswa yang berhasil mendapatkan bea siswa telah melalui seleksi. Mereka memang siswa dan mahasiswa yang berprestasi yang dari segi finansial butuh didukung. 

“Para siswa dan mahasiswa yang menerima bea siswa kali ini bukan hanya yang berdomisili atau kuliah di wilayah Jakarta Timur saja, tetapi dari berbagai wilayah dan kampus yang ada di Indonesia,” terangnya.

“Kita berharap melalui bea siswa yang diberikan para siswa dan mahasiswa semakin bersemangat untuk meraih cita-citanya,” imbuhnya. 

Hal senada disampaikan Ketua Dewan Pengawas Yayasan Nusantara Membangun Bangsa Ivanne Simanjuntak. 

“Hari ini adalah pemberian beasiswa dari Bu Sondang, Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan bersama-sama dengan Yayasan Nusantara Membangun Bangsa dan Yayasan Kementerian BUMN. Agar para siswa dan mahasiswa di Jakarta Timur khususnya semakin semangat belajar. 

Ivanne Simanjuntak mengatakan dalam hal pemberian bea siswa ini pihaknya seperti perpanjangan tangan pemerintah dalam mendukung perjuangan para siswa dan mahasiswa meraih cita-citanya. 

“Seperti yang Bu Sondang katakan bahwa masa depan suatu bangsa itu terletak pada generasi muda,” pungkas Ivanne Simanjuntak. 

Pada kesempatan yang sama, para siswa dan mahasiswa yang menerima bea siswa dan orang tuanya  mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Nusantara Membangun Bangsa, Sondang Tampubolon dan Yayasan Kementerian BUMN. 

“Kami sangat berterimakasih karena sangat terbantu dengan bea siswa yang kami terima. Sebab kebutuhan biaya kuliah sangatlah besar belum lagi ditambah kebutuhan hidup sehari-hari. Bea siswa ini tentu sangat membantu kami dan orang tua. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih. Sebagai wakil rakyat Bu Sondang telah menunjukkan kepedulian yang nyata dalam mendukung generasi muda seperti kami untuk berjuang meraih cita-cita,” kata Marthin Luther, mahasiswa fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment