China Media Group Kunjungi dan Apresiasi Nusantara TV

14 November 2023 09:43
Penulis: Tim sahabatcom, news
Presiden Komisaris NT Corp Dr. Ir. Nurdin Tampubolon, M.M., dan Vice President of CMG Hu Jinjun menghadiri kerjasama dan kolaborasi Nusantara TV dengan China Media Group. (Toga Ibnu Pratama/NTV)

Sahabat.com - Nusantara TV menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan China Media Group (CMG). Kerja sama itu berlangsung di NT Tower, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Pulomas Selatan, Kayu Putih, Pulo Gadung, Jakarta Timur (Jaktim), pada Selasa, 14 November 2023.

Turut hadir dalam kerja sama itu, yakni Presiden Komisaris NT Corp Dr. Ir. Nurdin Tampubolon, M.M., Komisaris NT CORP Lince Berliana Tobing, Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Sondang Tampubolon, Presiden Direktur (Presdir) NTCORP Dimpos Tampubolon, Presiden Direktur (Presdir) Nusantara TV Randy Tampubolon, Presiden Direktur NT FAM Tommy William Tampubolon, para leader, Manager NT CORP dan Nusantara TV, serta staf ahli Presiden Komisaris.

Hadir pula delegasi China Media Group (CMG), Vice President of CMG Hu Jinjun, Director of CMG Asia-Pacific Bureau Li Yi, Deputy Director of CMG Asian and African Languages Programming Center Zhang Hui, Deputy Director of CMG Global Chinese Language Program Center Ma Yong.

Kemudian, Deputy Director of CMG Foreign Affairs Bureau Liu Yan, Bureau Chief of CMG Guangxi He Ying, Director of CMG Asia-Pacific Bureau Li Feng, Officer of CMG General Office Zhu Qi.

Selanjutnya, Deputy Division Chief of Asia, Africa and Oceanian Affairs Division of CMG Foreign Affairs Bureau Yao Pengfei, Deputy Division Chief of Overseas Affairs Coordination Division of CMG Foreign Affairs Bureau Guo Yanyan, Officer of Overseas Affairs Coordination Division of CMG Foreign Affairs Bureau He Yu, Director of CGTN Indonesia Li Shukun, Deputy Director of CGTN Indonesia, CMG, Zhu Funing dan Journalist of CGTN Indonesia, CMG, Chang Sicong.

Ada pula Perwakilan Kedutaan China di Indonesia Qiu Xinli dan staff Chen Wenhao serta Li Yue, dan Co Founder & Chief Commercial Officer (CCO) Nanyang Bridge Media Nova Tentunata.

Sebelumnya Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma'ruf Amin menghadiri Topping Off Gedung Perkantoran NT Tower, Studio Nusantara TV, dan Perhotelan PT Nurdin Tampubolon FAM, bertempat di Lantai 8, Gedung NT Tower, pada Jumat (20/10/2023).

Presiden Komisaris NT Corp Dr. Ir. Nurdin Tampubolon, M.M., mengatakan Nusantara TV adalah anak usaha dari holding NT CORP yang memiliki berbagai jenis bidang usaha seperti Agro Industri & Palm Oil, PLTA, Industri NIKEL, Property dan Industri Media. 

Selain Nusantara TV, NT CORP juga telah memiliki 2 stasiun tv yang baru yakni HARUM TV yang akan fokus kepada konten hiburan dan lifestyle, serta GOLD TV yang akan fokus kepada konten olah raga. "Capaian dan prestasi ini kami capai melalui upaya dan kerja keras yang tak hentinya," ujar Nurdin Tampubolon.

Dia menyebutkan, sejak 2019, telah berjalan selama 5 tahun kerjasama antara Nusantara TV dan CMG. "Lima tahun adalah waktu yang sangat berarti. Berbagai konten yang mengutamakan kemanfaatan bagi penonton Indonesia dan juga bagi penonton masyarakat Tiongkok telah banyak ditayangkan di Nusantara TV," lanjut Nurdin Tampubolon.

Khusus di tahun-tahun masa Covid, konten edukasi tentang Covid juga telah ditayangkan oleh Nusantara TV. Tidak ketinggalan juga disiarkan serial TV dan film dokumenter. "Terimakasih atas keramahan dan nilai persahabatan dalam sambutan CMG atas kunjungan delegasi Nusantara TV yang saya pimpin beberapa bulan lalu bersama direksi dan pimpinan Nusantara TV di Kantor Pusat CMG," tambahnya.

Dalam kerjasama ke depan, Nurdin Tampubolon menekankan akan berupaya agar CMG dan Nusantara TV dapat menjalin kerjasama, pertukaran yang lebih banyak dan mendalam, dalam rangka memberi sumbangan positif untuk mendorong hubungan persahabatan dan saling pemahaman antar rakyat kedua negara yang saat ini telah dibangun dan dikembangkan dengan sangat baik oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

"Total seluruh program acara yang telah dikerjasamakan hingga tahun 2023 telah ditayangkan sebanyak 49 program. Ini adalah jumlah yang sangat besar dan kami tayangkan pada waktu-waktu prime time. Oleh karena itu, kerjasama sepanjang 5 tahun antara Nusantara TV dan CMG ini, kami sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya," imbuh Nurdin Tampubolon.

Dijelaskannya, Nusantara TV merupakan stasiun TV swasta digital pertama di Indonesia, yang banyak dijadikan acuan dalam penggunaan peralatan broadcasting dan efisiensi dalam membangun industri penyiaran. "Hal ini tidak terlepas dari kemampuan dan tekad kami untuk membangun setiap unit bisnis dengan ditopang sistem tekhnology digital terdepan," terangnya.

"Nusantara TV telah menyiapkan seluruh infrastruktur sehingga mampu berdaya saing di Indonesia maupun Internasional. Gedung NT Tower memiliki 8 studio, mulai dari studio program news, produksi, talkshow, entertainment sampai studio yang memiliki daya tampung hingga 1500 orang." 

"Ini merupakan bagian dari langkah kami mewujudkan visi NTV menjadi stasiun TV terdepan dan terbaik di Indonesia serta bermanfaat bagi bangsa dan dunia," ucapnya.

Nurdin Tampubolon menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan Kedutaan Tiongkok serta delegasi China Media Group. "Saya menyampaikan apresiasi yang tak terhingga atas kehadiran delegasi para pimpinan CMG ke Nusantara TV, kami akan menyambut dengan senang hati kerjasama tidak hanya pertukaran kontent tapi juga pertukaran teknologi dan peningkatan keahlian sumber daya manusia di masing-masing perusahaan serta lebih menitikberatkan kepada aspek politik dan komersil yang saling menguntungkan untuk kedua negara," jelas Nurdin Tampubolon.

Sementara itu, Vice President of CMG Hu Jinjun mengapresiasi kerja sama dan kolaborasi antara CMG dan Nusantara TV. "Kita berkumpul di Jakarta untuk bersama-sama mengadakan acara kerja sama dan kolaborasi CMG dan Nusantara TV. Saya atas nama Presiden China Media Group (CMG), Shen Haoxiong dan China Media Group, mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat Nusantara TV (NTV) Indonesia dan timnya," kata Hu Jinjun.

Dia mengungkapkan, Tiongkok dan Indonesia adalah tetangga baik, saudara baik dan mitra baik yang berdekatan, hubungan persahabatan kedua negara memiliki sejarah panjang dan terus dikembangkan.

"Dalam proses pertukaran jangka panjang, rakyat kedua negara bersama-sama menciptakan satu demi satu harmoni yang luar biasa dalam pergaulannya. Dalam Gala Tahun Baru Imlek CMG 2023, pada sebuah acara yang diikuti oleh penyanyi dari 10 negara, penyanyi pertama adalah penyanyi Indonesia, Rossa. Hubungan persahabatan Tiongkok-Indonesia bagaikan lagu Bengawan Solo yang dinyanyikan oleh Rossa, melewati pegunungan dan mengalir ke laut," lanjutnya.

Dikatakannya, Presiden Tiongkok Xi Jinping dalam pidatonya di Indonesia pada 2013, untuk pertama kalinya mengemukakan inisiatif pembangunan bersama Jalur Sutra Maritim Abad ke-21.

"Selama 10 tahun ini, di bawah bimbingan Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo, hubungan Tiongkok-Indonesia menjadi teladan kerja sama saling menguntungkan di antara negara kawasan dan menjadi contoh baik persatuan negara-negara berkembang," urai Hu Jinjun.

Dia mencontohkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh yang sudah beroperasi resmi belum lama ini menjadi hasil penting dari pembangunan bersama Belt and Road antara Tiongkok dan Indonesia, sekaligus praktik sukses kerja sama bilateral.

"CMG sebagai partisipan, saksi dan narator Inisiatif Belt and Road selalu memelihara hubungan baik dengan media Indonesia," ungkapnya. 

CMG secara inovatif mengembangkan hubungan diplomatik melalui media, menandatangani MoU kerja sama dengan beberapa media utama Indonesia, serta memelihara pertukaran dan kerja sama yang rutin dengan mereka di bidang produksi bersama dan pertukaran konten.

"Program acara 'Idiom Klasik dari Xi Jinping' yang diproduksi bersama CMG dan TVRI, begitu ditayangkan memperoleh sambutan yang hangat dari pemirsa luas Indonesia,” ucapnya.

Dijelaskannya, sejak 2019, CMG menjalin hubungan persahabatan dan kerja sama dengan Nusantara TV (NTV). Dan Nusantara TV berturut-turut menayangkan serial film spesial dan film dokumenter, antara lain 'Beyound the Mountains-Life in Xinjiang', '24 Hours in Wuhan' dan program acara Gala Tahun Baru Imlek.

"Hari ini, kita secara resmi melanjutkan kerja sama dan kolaborasi, dan ini merupakan sekali lagi praktik sukses kerja sama mendalam antara kedua pihak. Kami akan menyajikan lebih banyak konten kepada NTV, dan diharapkan dapat membuat lebih banyak sahabat Indonesia mengenal Tiongkok dan menyukai kebudayaan Tionghoa, agar kesepahaman antara tetangga baik, saudara baik dan mitra baik bertumbuh, berkembang dan berbuah di dalam hati rakyat kedua negara, serta dapat memberikan sumbangan yang positif dalam mendorong pertukaran sosial budaya dan hubungan bersahabat antar rakyat kedua negara," kata Hu Jinjun.

Dia menambahkan CMG bersedia terus meningkatkan kerja sama pragmatis dengan seluruh media Indonesia termasuk Nusantara TV di bidang produksi dan penyiaran bersama, pertukaran berita dan komunikasi kebudayaan, bersama menceritakan dengan baik kisah hidup tentang kerja sama dan pembangunan Tiongkok dan Indonesia, mendorong saling pembelajaran peradaban dan meningkatkan ikatan antar masyarakat, serta memainkan peranan istimewa media demi persahabatan turun-temurun kedua negara. 

"Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan kuat Anda semua kepada pekerjaan CMG. Semoga kerja sama dan kolaborasi CMG dan NTV dapat berjalan dengan sukses," tukas Hu Jinjun.
 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment