Dinas Kesehatan Lakukan Pemetaan Penyebab Kekerdilan di Bangka Barat

02 Februari 2023 04:11
Penulis: Alber Laia, news
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat Muhammad Putra Kusuma. (ANTARA/ Donatus Dasapurna)

Sahabat.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung menyatakan hasil pemetaan mengungkapkan bahwa kasus kekerdilan di daerah setempat  terjadi karena perilaku orang tua yang kurang paham dalam memenuhi kebutuhan gizi saat hamil dan pola asuh balita.

"Kami telah melakukan pemetaan dan menemukan masalah utama yang menjadi faktor penyebab kekerdilan di daerah ini," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat Muhammad Putra Kusuma di Mentok, Kamis.

Ia menjelaskan, ada tiga faktor penyebab terjadinya kekerdilan di Bangka Barat, yaitu ekonomi keluarga rendah, tingkat pendidikan orang tua, dan masih terjadi perkawinan di bawah umur.

Menurut dia, permasalahan kompleks ini tidak akan mampu diatasi jika hanya Dinas Kesehatan yang bergerak sehingga membutuhkan kerja sama dan dukungan banyak pihak untuk memutus kasus kekerdilan di daerah itu.

"Pada tahun ini pemerintah menunjuk BKKBN sebagai ujung tombak penggerak, ini lebih pas karena kekerdilan bukan sekadar permasalahan kesehatan tetapi lebih pada pola pikir, pola asuh anak dan kebiasaan hidup dalam keluarga," kata Putra.

Penunjukan BKKBN sebagai motor penggerak utama, diharapkan berbagai permasalahan keluarga yang berpotensi mengakibatkan terjadinya kekerdilan bisa diatasi, salah satunya dengan upaya pemberdayaan dan peningkatan ekonomi keluarga.

Dalam hal ini, Dinas Pendidikan dan Kantor Wilayah Kementerian Agama juga memegang peran penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencegah terjadinya perkawinan usia muda atau di bawah 18 tahun.

Dinas Kesehatan akan berupaya meningkatkan komunikasi dan koordinasi lintas sektor untuk mengatasi kekerdilan sesuai dengan tugas, fungsi dan aturan yang berlaku.

Dinas Kesehatan bersama pemerintah desa dan puskesmas juga telah melakukan beberapa kegiatan untuk meningkatkan gizi dan memantau kesehatan pada anak dan ibu hamil.

Berdasarkan data hasil survei Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, angka kekerdilan di Bangka Barat mencapai 33 persen, namun berkat kebijakan dan intervensi yang dilakukan selama ini angka tersebut berangsur menurun setiap tahun, bahkan pada 2022 sudah mencapai 9,56 persen.

Selama tiga tahun terakhir, yaitu pada 2020 dari sebanyak 14.134 balita yang diukur ditemukan 1.750 kasus kekerdilan (12,38 persen), pada 2021 dari 13.980 balita ditemukan 1.552 kerdil (11,1), dan pada tahun 2022 dari sebanyak 13.197 balita yang diukur ditemukan 1.262 kerdil (9,56).(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment