Duh! LPSK Setop Perlindungan untuk Bharada E, Gegara Wawancara di TV

10 Maret 2023 09:53
Penulis: Ramses Manurung, news
Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E/ist

Sahabat.com - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mendadak memutuskan untuk menghentikan perlindungan bagi Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E. Keputusan tersebut diambil oleh LPSK lantaran keberatan dengan tayangan wawancara Bharada E yang ditampilkan oleh salah satu stasiun televisi swasta.

LPSK menyampaikan bentuk perlindungan ini sudah disepakati dengan Eliezer. Oleh karena itu LPSK, berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Saksi dan Korban, memutuskan untuk menghentikan perlindungan kepada Eliezer.

Tenaga Ahli LPSK, Syahrial menjelaskan keputusan ini diambil berdasarkan rapat pimpinan pada Kamis kemarin (9/3/2023).

Dalam proses pengambilan keputusan tersebut terjadi perbedaan pandangan atau dissenting opinion. Pasalnya, dua dari tujuh pimpinan menilai Eliezer masih layak untuk diberikan perlindungan.

LPSK mengaku keberatan dengan tayangan wawancara tersebut lantaran tidak ada pengajuan permohonan wawancara kepada LPSK.

LPSK pun meminta untuk tidak menayangkan wawancara tersebut.

"Namun stasiun tv tersebut tetap menayangkan wawancaranya, sehingga LPSK memutuskan mencabut perlindungan Eliezer dalam bentuk perlindungan fisik," ujar Syahrial dalam konferensi pers, Jumat (10/3/2023) .

Terpisah, kuasa hukum Bharada E, Ronny Talapessy mengklaim pihaknya sudah mendapatkan izin untuk wawancara dalam rumah tahanan (Rutan).

"Semua tahapan perijinan sudah ada. Saya sendiri yang mengecek dan mereka pun setuju. Saya mendengar langsung karena saya telpon, dan mereka bilang silahkan asalkan Icad setuju," ujar Ronny.

Menurut Ronny sangatlah keterlaluan apabila Bharada E dilarang berbicara saat dalam rutan. 

"Dari kemarin kamu diancam-ancam karena kamu muncul kami diam, tapi kali ini udah keterlaluan. Kalau pun nilai-nilai kehidupan, kejujuran dan pertobatan yang hendak dibagikan oleh media untuk banyak orang itu dilarang. Tidak apa, kita mengalah," kata dia.

Ronny meyakinkan Bharada E untuk tidak perlu khawatir, karena keluarganya dan seluruh masyarakat Indonesia akan menjaganya.

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment