Komunitas Warga Kaimana Bersihkan Sampah Saat Peringatan HPSN

22 Februari 2023 13:04
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Warga bersama anggota TNI dan Polri membersihkan sampah di jalan-jalan utama Kota Kaimana, Papua Barat. (ANTARA/HO-Isabela Wisang)

Sahabat.com - Komunitas warga Kaimana peduli masalah lingkungan bernama Sinara Kaimana membersihkan sampah di kawasan Taman Jokowi-Iriana dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023.

Manajer Program Sinara Kaimana Fifi Rahmawati di Kaimana, Rabu, mengatakan, pembersihan sampah tidak saja dofokuskan pada kawasan Taman Jokowi-Iriana yang menjadi pusat aktivitas warga setempat tetapi juga di kompleks pertokoan Kaimana serta kawasan bibir pantai di dekat taman tersebut.

"Kami juga melibatkan para anggotaTNI dan Polri, UPTD Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kaimana, perwakilan PMI Kaimana, BKSDA, serta PWI Kaimana. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kita semua untuk bersama-sama menjaga dan membersihkan lingkungan, apalagi Kaimana sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan program Kaimana Nol Sampah," kata Fifi.

Menurut dia, kegiatan yang diprakarsai oleh Sinara Kaimana itu berkolaborasi dengan UPTD Persampahan DLH Kaimana serta beberapa instansi dan komunitas terkait di wilayah itu.
Dari kegiatan itu, terkumpul kurang lebih 2 ton sampah di kawasan darat, sementara sampah yang diangkut dari bibir pantai dan laut mencapai sekitar tiga kantong.

Fifi menyebut kegiatan pembersihan sampah di seputaran Kota Kaimana akan terus dilakukan secara periodik dan diharapkan tumbuh kesadaran seluruh warga setempat untuk lebih perduli dengan kebersihan lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Untuk diketahui, Pemkab Kaimana di bawah duet kepemimpinan Bupati Freddy Thie dan Wakil Bupati Hasbulla Furuada memprogramkan Kaimana Nol Sampah sebagai bagian dari program utama daerah itu yang ingin menjadikan Kaimana sebagai kota tujuan wisata.

Pemkab Kaimana juga menargetkan dalam beberapa tahun ke depan bisa meraih Piala Adipura, sebuah penghargaan terhadap kota terbersih di Indonesia.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment