Gempa Besar di Jepang: Perwakilan RI di Tokyo dan Osaka Siaga Berikan Bantuan Kepada WNI

01 Januari 2024 21:26
Penulis: Adiantoro, news
Kemlu saat ini sedang berkoordinasi dengan KBRI Tokyo dan KJRI Osaka untuk mengidentifikasi dampak gempa dan tsunami di Jepang. (Istimewa/Tangkapan layar BBC)

Sahabat.com - ​Jepang mengalami gempa dengan magnitudo sekitar 7,4 yang mengguncang Prefektur Ishikawa pada pukul 16.10 waktu setempat atau 14.10 WIB, pada 1 Januari 2024.

Guncangan gempa juga terasa di sejumlah wilayah, termasuk Prefektur Niigata, Toyama, dan Fukui, Nagano, Gifu, Tokyo, Yamagata, Fukushima, Ibaraki, Tochigi, Gunma, Saitama, Shizuoka, Aichi, Mie, Shiga, Kyoto, Osaka, Hyogo, Nara, Tottori, Iwate, Miyagi, dan Akita.

Gempa ini juga memicu terjadinya gelombang tsunami di sejumlah wilayah di Negara Asia Timur itu. Melansir laman  Kemenlu, Senin (1/1/2024), Kementerian Luar Negeri (Kemlu) saat ini sedang berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Osaka untuk mengidentifikasi dampak gempa dan tsunami. 

KBRI dan KJRI sedang berkoordinasi secara aktif dengan otoritas setempat dan komunitas Indonesia di Jepang. Berdasarkan laporan dari KBRI Tokyo, tercatat ada 1.315 Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Prefektur Ishikawa.

KBRI Tokyo dan KJRI Osaka telah mengeluarkan imbauan kepada warga Indonesia agar tetap waspada atas gempa susulan dan tsunami dan selalu mengikuti informasi dan petunjuk yang diberikan oleh otoritas setempat. 

Sementara peringatan tsunami di sepanjang pesisir barat Jepang masih berlaku hingga malam ini waktu Jepang.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment