Ini Rentetan Gempa Jepang dengan Kekuatan Magnitudonya

01 Januari 2024 20:58
Penulis: Adiantoro, news
Jepang diguncang gempa magnitudo 7,6 yang diikuti beberapa kali gempa susulan hingga memicu peringatan tsunami pada Senin (1/1/2024). (Reuters)

Sahabat.com - Jepang diguncang gempa magnitudo 7,6 yang diikuti beberapa kali gempa susulan hingga memicu peringatan tsunami pada Senin (1/1/2024).

Lembaga penyiaran nasional Jepang, NHK melaporkan, gempa Jepang terjadi pada pukul 14.06 WIB atau 16.06 waktu setempat dan hingga kini masih terjadi dengan kekuatan magnitudo yang bervariatif.

Berikut rentetan gempa dengan kekuatan magnitudonya berdasarkan data dari Badan Meteorologi Jepang:

Di sisi lain, gelombang tsunami menerjang pesisir utara dan pusat Jepang, menyusul gempa dengan magnitudo 7,6 yang mengguncang wilayah tengah negara Asia Timur itu.

Peringatan resmi mengatakan gelombang di beberapa tempat bisa mencapai 5 meter, namun sejauh ini gelombang setinggi 1,2 meter menerjang pelabuhan Wajiima di Prefektur Ishikawa pada Senin (1/1/2024) pukul 16.21 waktu setempat, menurut kantor berita nasional NHK.

Kota Toyama di Prefektur Toyama juga melaporkan gelombang tsunami setinggi 0,8 meter. Sebelumnya, pemerintah Jepang sudah meminta agar para penduduk di wilayah pesisir Noto di Prefektur Ishikawa agar segera mengevakuasi diri secepatnya ke dataran tinggi," demikian dilansir NHK.

Belum ada kabar mengenai korban secara keseluruhan, namun sedikitnya ada enam laporan kasus orang terjebak di bawah reruntuhan, kata Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshimasa Hayashi, dalam konferensi pers, Senin (1/1/2024).

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment