Alun-alun Bandung Tutup di Akhir Pekan Pertama Ramadhan 1444 H

27 Maret 2023 02:13
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Taman Alun-alun Kota Bandung pada Ahad (26/3/2023). ANTARA/Ricky Prayoga

Sahabat.com - Taman Alun-alun kota Bandung di Jalan Asia Afrika, tutup di hari Ahad yang merupakan akhir pekan pertama bulan puasa atau pada Ramadhan 1444 Hijriah/2023 ini.

Sejak pukul 16.00 WIB, dengan disertai hujan yang turun cukup deras membuat taman tersebut terlihat kosong dan jalan aksesnya dihalangi oleh pagar besi, warga pun memilih untuk menunggu waktu berbuka puasa di Masjid Raya Bandung yang bersebelahan dengan taman tersebut.

Darman, seorang pedagang asongan yang ditemui di lokasi, Ahad, mengatakan bahwa taman tersebut memang tutup sepanjang hari ini, bahkan dari hari Sabtu (25/3) kemarin, karena hujan yang turun di Bandung sejak siang hari.

"Dari kemarin juga tutup, karena hujan, jadi karena mungkin tidak ada pengunjung, petugas menutup taman itu," ucap dia.

Agung, warga Kopo yang datang bersama keluarganya mengatakan dirinya datang ke kawasan tersebut sengaja ingin "ngabuburit" atau menghabiskan waktu menjelang buka puasa ke taman tersebut, namun karena taman itu ditutup dan hujan yang tak kunjung berhenti, dirinya memilih melakukan kegiatannya di pelataran Masjid Raya sambil berteduh.

"Ya, agak kecewa, tapi mau bagaimana, kan cuaca juga sedang hujan begini, takut anak-anak jadi sakit juga ya akhirnya berteduh di masjid saja," ucapnya.

Risan, warga Ujung Berung, yang datang ke kawasan tersebut juga dengan keluarganya untuk berbelanja kebutuhan sambil berjalan-jalan, akhirnya memilih untuk berbuka di Masjid Raya yang memang menyediakan paket takjil untuk warga yang datang ke sana sebanyak 1.000 sampai 3.000 paket per hari.

"Tadinya selain berbelanja, kami juga ingin menghabiskan waktu di taman Alun-alun yang sudah dibuka, tapi karena hujan kami ke masjid saja karena disediakan takjil oleh pihak pengurus masjid," ucapnya.

Setelah tutup selama pandemi COVID-19, pada Ramadhan 1444 H/2023 ini Taman Alun-alun Kota Bandung dibuka terbatas yakni mulai pukul 15.00-19.00 WIB.

Setiap pengunjung juga wajib memperhatikan ketentuan yang berlaku yakni dilarang, merokok, berjualan, membawa makanan dan minuman, serta tidak memakai alas kaki (sepatu atau sandal wajib dilepas).

Setiap pengunjung wajib menjaga kebersihan, serta barang-barang pribadi dan tetap waspada terhadap aksi pencurian atau kehilangan karena hal itu bukan tanggung jawab pengelola Taman Alun-alun.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment