Basarnas Kendari Minta Jajaran Sigap dan Maksimal Beri Pertolongan

28 Februari 2023 08:39
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Pelaksana tugas Kepala Basarnas Kendari Rudi menjadi inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-51 Basarnas di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (28/2/2023) (ANTARA/Harianto)

Sahabat.com - Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari, Sulawesi Tenggara meminta seluruh personel jajaran agar selalu sigap dan maksimal dalam memberikan pertolongan ketika terjadi musibah baik di darat maupun di perairan.

"Bekerjalah dengan sigap dan ikhlas dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, akuntansi, kompeten, harmonis, loyal, adaptor dan berkolaborasi dengan seluruh pihak terkait termasuk di dalamnya potensi SAR," kata Pelaksana tugas Kepala Basarnas Kendari Rudi di Kendari, Selasa.

Pelaksana tugas Kepala Basarnas Kendari Rudi menjadi inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-51 Basarnas dengan tema 'Cepat tanggap selamatkan jiwa' yang diikuti seluruh personel Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari, kru KN SAR Pacitan serta Dharma Wanita Persatuan.

Rudi menyampaikan, merujuk tema cepat tanggap selamatkan jiwa maka dia menekankan kepada seluruh personel untuk terus meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan pencarian dan pertolongan terbaik kepada masyarakat.

"Ubahlah pola pikir dan budaya kerja kita, tingkatkan kompetensi, kreativitas dan inovasi di segala aspek pekerjaan serta mengikuti informasi dan teknologi yang terus berkembang," ujar Rudi.

Menurut dia, tantangan di masa depan semakin berat, perubahan begitu cepat, permasalahan semakin kompleks, sulit diprediksi dan tidak menentu, sehingga dia meminta personel untuk meningkatkan pengetahuan, berinovasi, kembangkan ide, cepat tanggap terhadap perubahan dan tidak cepat berpuas diri.

Selain itu, terus berupaya untuk meningkatkan kinerja organisasi agar semakin baik dan membawa dampak perubahan yang positif sehingga dirasakan oleh masyarakat khususnya penerima jasa SAR.

Rudi juga meminta jajarannya agar meningkatkan kemampuan dengan pelatihan dan pengembangan yang lebih intensif; memperkuat kerja sama dengan pihak-pihak terkait baik kementerian/lembaga, TNI-Polri, organisasi kemasyarakatan dan organisasi internasional.

Kemudian mengembangkan serta memperkuat infrastruktur, teknologi informasi dan komunikasi; meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memberi layanan dengan cepat pencarian dan pertolongan agar proses penyelamatan insan manusia berhasil sesuai dengan apa yang diharapkan.

"Terus belajar mengevaluasi setiap kejadian untuk dijadikan pelajaran demi meningkatkan layanan search and rescue kepada masyarakat Indonesia khususnya dan insan manusia di wilayah kerja Basarnas Kendari," kata Rudi.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment