BMKG: Hujan Masih Berpeluang Terjadi di NTB Akhir Februari 2023

23 Februari 2023 05:36
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Peta potensi hujan di wilayah NTB (ANTARA/HO-BMKG)

Sahabat.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan hujan masih berpeluang terjadi dalam 10 hari ke depan atau akhir Februari 2023 di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Di periode musim hujan yang masih berlangsung di NTB saat ini masyarakat diharapkan dapat terus waspada akan adanya potensi bencana hidrometeorologis," kata Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Nusa Tenggara, Cakra Mahasurya, dalam keterangan tertulisnya di Praya, Kamis.

BMKG menyatakan potensi bencana hidrometeorologi dapat terjadi secara tiba-tiba dan bersifat lokal, seperti hujan lebat, angin kencang, tanah longsor, dan banjir.

"Masyarakat juga diimbau untuk mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari," katanya.

Kondisi dinamika atmosfer terakhir menunjukkan indeks ENSO masih berada pada kondisi La Nina lemah (indeks ENSO:-0.61). BMKG memprakirakan La Nina masih akan berlangsung dan berangsur menuju kondisi netral pada periode Februari hingga April 2023.

"Indeks IOD pada dasarian terakhir menunjukkan kondisi IOD netral (0.24), diprakirakan kondisi IOD akan tetap netral hingga Mei 2023," katanya.

BMKG juga menyatakan aliran massa udara khususnya wilayah NTB masih didominasi oleh angin baratan. Embusan angin baratan diprediksi akan bertahan hingga Maret 2023 seiring dengan masih aktif Monsun Asia yang mendominasi wilayah Indonesia.

Pergerakan MJO saat ini terpantau tidak aktif di wilayah Indonesia dan diprakirakan akan tetap tidak aktif hingga akhir Februari 2023. Prediksi anomali OLR secara spasial saat ini menunjukkan berkurangnya potensi pertumbuhan awan konvektif di NTB pada dasarian III Februari 2023.

"Rata-rata anomali suhu muka laut (SST) sekitar wilayah NTB saat ini berada pada kategori netral (-0.25 hingga +0.5°C) dan diprakirakan tetap netral menuju hangat hingga Juni 2023," katanya.

Sifat hujan pada dasarian II Februari 2023 di wilayah NTB bervariasi dari kondisi bawah normal (BN) hingga normal (N) yang mendominasi sebagian wilayah Kabupaten Lombok Utara serta Lombok Timur bagian Utara, Kabupaten Sumbawa dan sebagian kecil Kabupaten Bima dan Kota Bima.

"Serta kondisi atas normal (AN) yang mendominasi di Pulau Lombok bagian barat dan selatan, Kabupaten Sumbawa Barat serta sebagian wilayah Dompu dan Bima bagian selatan," katanya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment