BMKG: Kalsel Berpotensi diguyur Hujan Petir pada Minggu

12 Februari 2023 07:15
Penulis: Alber Laia, news
Pengendara sepeda motor menerobos hujan di Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (12/2/2023). (ANTARA/Bayu Pratama S)

Sahabat.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan beberapa wilayah di Kalimantan Selatan berpotensi hujan lebat disertai petir pada Minggu berlaku mulai pukul 08.00 Wita.

Berdasarkan bmkg.go.id dipantau di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu, terdapat enam wilayah yang diprediksi terdampak hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada siang dan sore hari di wilayah Kalimantan Selatan.

Wilayah tersebut, yakni Barito kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Kotabaru, Tanah Bumbu, Tanah Laut dan sekitarnya.

Di wilayah Barito Kuala hujan petir diprakirakan terjadi pada siang dan pada sore hari diperkirakan hujan ringan dengan suhu 23-32 derajat Celsius dengan kelembaban 65-100 persen dengan kecepatan angin 20 km/jam.

Sementara di wilayah Tapin diperkirakan pagi hari hujan ringan, siang hari berpotensi hujan hujan petir dan sore hari hujan ringan dengan suhu 23-32 derajat Celsius, kelembaban 65-100 persen dengan kecepatan angin 20 km/jam.

Hulu Sungai Selatan diperkirakan hujan ringan terjadi pagi hari, kemudian siang hari hujan disertai petir dan hujan dengan intensitas ringan pada Senin dini hari dengan suhu 22-32 derajat Celsius dengan kelembaban 65-95 persen dengan kecepatan angin 20 km/jam.

Kotabaru diperkirakan hujan petir pada siang hari dan sore hingga malam hari diperkirakan berawan dengan suhu 22-32 derajat Celsius dengan kelembaban 65-95 persen dengan kecepatan angin 30 km/jam.

Tanah Bumbu diperkirakan hujan petir pada siang hari dan sore hingga malam hari diperkirakan berawan dengan suhu 22-32 derajat Celsius dengan kelembaban 65-95 persen dan kecepatan angin 30 km/jam.

Tanah Laut diperkirakan hujan ringan pada pagi hari, siang hari mengalami hujan petir dan di sore hari mengalami hujan ringan dengan suhu 22-32 derajat Celsius dengan kelembaban 65-95 persen dengan kecepatan angin 30 km/jam.

BMKG juga memperkirakan potensi gelombang tinggi di wilayah perairan Kalimantan Tengah bagian timur dengan tinggi gelombang 0,5-1.25 meter, dengan arah angin selatan-barat daya 5-14 knot.

Laut jawa bagian timur dengan gelombang 1,25-2,5 meter,dengan arah angin barat daya-barat dengan kecepatan 5-16 knot.

Laut jawa bagian tengah dengan tinggi gelombang 0,5 -2 meter,dengan arah angin barat daya-barat laut dengan kecepatan 4-20 knot, dan perairan Kotabaru, Kalimantan Selatan, dengan tinggi gelombang 0,5-1.25 meter,dengan arah angin timur laut-tenggara dengan kecepatan 2-15 knot.

Pihak BMKG juga mengeluarkan peringatan dini waspada untuk perahu nelayan, kapal tongkang dan kapal feri terhadap potensi gelombang tinggi yang dapat mencapai 2,5 meter di perairan selat Kalimantan (Laut Jawa).(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment