BMKG: Waspada Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi di Kaltara hingga Esok

07 Februari 2023 04:53
Penulis: Alber Laia, news
Kondisi perairan di kawasan Pelabuhan Tunon Taka, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara diabadikan beberapa waktu lalu. (Muh. Arfan)

Sahabat.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tanjung Harapan, Tanjung Selor, Kalimantan Utara mengimbau masyarakat waspadai hujan lebat serta gelombang tinggi di perairan laut pada Selasa dan Rabu (8/2).

“Potensi hujan itu dapat disertai kilat atau petir pada sore hari,” kata Forecaster BMKG Stasiun Tanjung Harapan di Tanjung Selor, Selasa.

Hujan sedang sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat diprediksi akan terjadi merata di lima kabupaten/kota di Kalimantan Utara. Di Kabupaten Bulungan misalnya diprediksi di Tanjung Palas Tengah dan Bunyu.

Di Kabupaten Malinau diprediksi terjadi di Pujungan. Di Kabupaten Nunukan hujan sedang sedang hingga lebat diprediksi turun di Sebuku dan Sembakung Atulai.

Kemudian di Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung. Serta Tarakan Tengah, Tarakan Timur di Kota Tarakan.

“Potensi itu dapat meluas ke wilayah di wilayah kecamatan lain di setiap kabupaten/kota,” ujarnya.

Adapun prakiraan tinggi gelombang arah angin Barat Laut hingga Timur Laut di perairan Kalimantan Utara mencapai 0,5-1,25 meter dengan kecepatan angin 3-15 knots.

Adapun di perairan Sulawesi bagian Barat khususnya arah Angin Tenggara ke Selatan mencapai kecepatan 8-20 knots dengan tinggi gelombang 1,25-2,5 meter.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment