BPBD Kota Bengkulu Gelar Pelatihan Agar Tangguh Hadapi Bencana

27 November 2023 16:01
Penulis: Habieb Febriansyah, news
BPBD dan pihak terkait mengikuti pelatihan untuk tingkatkan kapasitas dalam menghadapi bencana. (ANTARA/Anggi Mayasari)

Sahabat.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaksanakan pelatihan terhadap 300 relawan guna meningkatkan kapasitas tangguh bencana dan pencegahan serta mitigasi bencana di wilayah tersebut.
 
Sebanyak 300 relawan tersebut berasal dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) serta relawan tangguh bencana dari 67 kelurahan di Kota Bengkulu.
 
"Dengan pelatihan ini, relawan bencana siap membantu masyarakat bila terjadinya bencana di wilayah Kota Bengkulu. Selain itu, di musim hujan, di setiap kecamatan harus menjaga kebersihan, terutama drainase air agar tidak terjadi banjir," kata Penjabat Wali Kota Bengkulu Arif Gunadi di Bengkulu, Senin.
 
Dengan adanya pelatihan itu, 300 relawan tersebut dapat tanggap dan siap membantu masyarakat saat terjadi bencana seperti banjir, gempa bumi dan lainnya.
 
Selain itu, pihaknya mengimbau agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan sosialisasi terkait dengan kebersihan serta penanggulangan banjir.
 
Kepala dinas BPBD Kota Bengkulu Will Hopi menerangkan tujuan utama pelaksanaan pelatihan relawan tersebut untuk menekankan kecepatan informasi dan koordinasi bencana di kelurahan agar masalah banjir, kebakaran dan lainnya dapat segera dibantu.
 
"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam kesiapsiagaan, sekaligus meningkatkan keterampilan dalam koordinasi serta pelaksanaan operasi penanggulangan bencana di setiap kelurahan sekota Bengkulu," ujar dia.
 
Para relawan dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang didapatkan, khususnya melalui pendekatan upaya pencegahan dan mitigasi bencana di daerah masing-masing.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment