BPBD Muara Enim Petakan 16 Kecamatan Rawan Banjir

16 Maret 2023 12:08
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Puluhan rumah warga Muara Enim terendam banjir akibat curah hujan tinggi, Kamis (9/3/2023). (ANTARA/Edo Purmana)

Sahabat.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan memetakan 16 kecamatan di daerah itu sebagai daerah rawan banjir saat musim hujan.

"Ada 16 kecamatan di Kabupaten Muara Enim dipetakan rawan terjadi bencana banjir," kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Muara Enim Hasbi Rizal di Muara Enim, Kamis.

Dia mengatakan 16 kecamatan itu meliputi Lawang Kidul, Muaraenim, Ujan Mas, Benakat, Gumeg, Belimbing, dan Kecamatan EPD.

Kemudian, Kecamatan Rambang, Lubai, Lubai Ulu, Lembak, Sungai Rotan, Gelumbang, Belida Darat, Kelekar, dan Panang Enim.

Daerah-daerah ini dipetakan sebagai daerah rawan banjir karena berada di dataran rendah dan dekat dengan daerah aliran sungai (DAS).

Seperti bencana banjir yang terjadi di Desa Lubuk Nipis, Kecamatan Panang Enim pada Kamis (9/3) masih menyisakan trauma bagi masyarakat di daerah itu.

Meskipun tidak ada korban jiwa, kata dia, 70 rumah warga terdampak bencana dan merusak sejumlah fasilitas umum, termasuk lahan pertanian masyarakat nyaris gagal panen akibat banjir.

Terkait hal itu, ia meminta kepada masyarakat khususnya di daerah rawan bencana agar meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana alam yang dapat terjadi kapan saja agar tidak menimbulkan korban jiwa.

BPBD Muara Enim telah menginstruksikan relawan di setiap kecamatan agar siaga selama 24 jam mengingat saat ini memasuki puncak musim hujan yang diprediksi terjadi pada akhir Maret 2023.

Pihaknya juga sudah mendirikan posko dan membentuk satgas darurat penanggulangan bencana alam agar banjir dapat ditanggulangi sedini mungkin.

"Termasuk peralatan penanggulangan bencana seperti perahu karet dan lainnya sudah disiapkan guna menanggulangi banjir sedini mungkin agar tidak menimbulkan korban jiwa," ujarnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment