Desainer Sirkuit Formula E Jakarta Ungkap Cara Jaga Aspal Tetap Mulus

09 Mei 2023 13:52
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Sejumlah pekerja tampak memasang rangka tenda untuk stan-stan sponsor yang berdiri di sekitar sirkuit internasional Formula E Jakarta di Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (9/5/2023). ANTARA/Abdu Faisal

Sahabat.com - Desainer Sirkuit Internasional Formula E Jakarta (JIEC) Irawan Sucahyono mengungkapkan cara menjaga aspal jalan tetap mulus sebagaimana kriteria yang diharapkan oleh Federasi Otomobil Internasional (FIA).

Irawan kepada wartawan di Jakarta Utara, Selasa, mengatakan, aspal jalan yang dilalui kendaraan berat pasti memerlukan perbaikan. Tidak terkecuali JIEC yang dalam proses persiapan Formula E Jakarta 2023 ini juga akan dilintasi truk-truk bermuatan berat.

Namun, perbaikan aspal tidak boleh hanya sekadar ditambal (dilapis bagian yang rusak dengan aspal baru) karena cara itu menjadikan tingkat kemulusannya berkurang.

"Cara yang benar, aspal harus dikeruk dulu lalu diaspal ulang pada bagian sepotong yang dikeruk itu," katanya.

Hal itu bakal menjadikan aspal lebih aman untuk dilalui kendaraan yang melintas dengan cepat seperti pada saat terjadi balapan.

Dalam memperbaiki aspal Sirkuit Internasional Formula E Jakarta, Irawan mengecek bagian tikungan. "Karena tikungan amat penting dalam setiap balapan," katanya.

Tikungan menjadi bagian yang paling sering terjadi salip-menyalip antarkendaraan. Karena itu bagian ini menjadi penting untuk diperhatikan kemulusan aspalnya.

Sejauh pengamatan Irawan, bagian tikungan JIEC saat ini masih bagus dan tingkat perbaikannya masih minor.

Direktur Proyek Formula E Jakarta 2023 Ivan Permana menyebutkan, JIEC dipastikan siap digunakan pada 3-4 Juni mendatang.

Ivan bahkan mengklaim pembangunan untuk ajang internasional yang kali kedua diselenggarakan di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, ini lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan.

Menurut dia, kondisi lintasan sirkuit Formula E tahun ini tidak berbeda jauh dengan kondisi tahun lalu. Seluruh tikungan diyakini masih dalam keadaan bagus dan hanya terdapat satu titik pengaspalan saja yang perlu dikerjakan untuk meningkatkan ketahanannya.

Selain pengaspalan, saat ini sejumlah pekerja melakukan pemasangan instalai (paving bloc) dan bagian atap tribun yang ditargetkan rampung pada pekan ini.

Ivan memastikan pembangunan lainnya ini akan dikebut agar Formula E Jakarta 2023 tetap berjalan sesuai dengan kalender balap mobil listrik internasional tersebut.

"Target kita minggu ini selesai. Nah cuma memang ada juga bangunan-bangunan, nanti untuk (pembeli) tiket VIP ada tenda yang sudah dibangun. Itu targetnya 22 Mei 2023 selesai dan itu bukannya telat, memang targetnya segitu," kata Ivan.

Tribun (grandstand) Sirkuit Internasional Formula E Jakarta di Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, siap menampung hingga 12.000 penonton.

Panitia penyelenggara Formula E Jakarta juga menyiapkan tiket kelas festival atau tiket berdiri juga yang terbatas untuk 8.500 orang. Adapun perkiraan daya tampung keseluruhan sirkuit internasional Formula E Jakarta di Ancol 
mencapai 40.000 orang.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment