Dishub Sumut Terapkan Program 'Green Friday' Setiap Hari Jumat

08 September 2023 12:35
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara, Agustinus. (ANTARA/Anggi Luthfi Panggabean)

Sahabat.com - Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara menerapkan program green friday atau hari tanpa kendaraan yang melarang seluruh pegawainya menggunakan kendaraan bermotor setiap hari Jumat.

Kepala Dinas Perhubungan Sumut, Agustinus, di Medan, Jumat, mengatakan, program green friday dimulai sejak 8 September 2023 dan akan dilanjutkan setiap minggunya.

"Jadi kita mulai di sekitar kantor Dishub dan BKAD Sumut. Di mana khusus hari Jumat kita buat No Car Day, hari tanpa kendaraan bermotor untuk seluruh pegawai," ujar Agustinus.

Agustinus menuturkan, program tersebut mengajak masyarakat khususnya para pegawai lingukungan kerja Dishub Sumut untuk mengurangi polusi udara dari penggunaan kendaraan bermotor sekaligus menyehatkan fisik dengan bersepeda.

"Pegawai bisa menggunakan sepeda untuk pergi ke kantor, atau menggunakan transportasi umum," kata Agustinus.

Selain bertujuan untuk mengajak masyarakat menggunakan transportasi umum, kata Agustinus, program green friday ini juga bertujuan sebagai sarana evaluasi bagi Dishub Sumut dalam melayani masyarakat.

"Di samping itu, green friday sebagai bahan evaluasi dalam melayani masyarakat yang menggunakan angkutan umum dan dimulai dari Kantor Dishub Sumut," sebutnya

Agustinus mengakui, saat ini masih banyak keluhan masyarakat terkait manajemen transportasi umum di Provinsi Sumut khususnya daerah perkotaan.

Untuk itu, kata dia, pihaknya akan memberikan perhatian untuk perbaikan layanan transportasi umum ke depannya.

"Sejauh ini memang banyak masukan ke Dishub Sumut terkait minimnya fasilitas halte dan lainnya, dan ini menjadi perhatian untuk perbaikan layanan ke depan," jelas Agustinus

Ia juga berharap program ini bisa menjadi contoh untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya di lingkungan Pemprov Sumut.

"Pasti kita berharap ini bisa dilakukan di dinas lainnya, untuk memberikan contoh yang baik kepada masyarakat," ujarnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment