Dishub Tangerang Rencana Tambah Dua Koridor Bus Tayo

29 Juli 2023 05:17
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Tampilan bus Tayo Kota Tangerang, Banten yang akan menambah dua rute bar yakni koridor 5 rute TangCity Mall - Bandara Soekarno-Hatta dan koridor 6 yaitu circle/integrasi. ANTARA/HO-Dishub Kota Tangerang

Sahabat.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Banten berencana menambah koridor baru Bus Tayo sebanyak dua koridor yakni koridor 5 rute TangCity Mall - Bandara Soekarno-Hatta dan koridor 6 yaitu circle/integrasi.

Kepala Dishub Kota Tangerang, Achmad Suhaely di Tangerang, Sabtu, menuturkan pihaknya telah mengajukan rencana tersebut ke pemerintahan pusat melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) terkait penambahan koridor baru operasional Bus Tayo di Kota Tangerang.

"Seiring peningkatan jumlah penumpang Bus Tayo, kita (Dishub Kota Tangerang) telah mengajukan rencana penambahan dua koridor baru. Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi potensi jumlah pengguna jasa dari pusat perbelanjaan di Kota Tangerang (TangCity Mall) langsung menuju Bandara Soekarno-Hatta sebagai gerbang masuk nasional dan internasional di Kota Tangerang,” kata dia dalam keterangannya.

Ia melanjutkan saat ini Bus Tayo memiliki empat koridor yang telah melakukan pelayanan transportasi umum di Kota Tangerang setiap harinya, meliputi koridor 1 (Poris Plawad-GOR Jatiuwung), koridor 2 (Poris Plawad-Cibodas), koridor 3 (Ciledug-TangCity Mall), dan koridor 4 (Cadas-Pintu Masuk M1 Bandara Soekarno-Hatta).

Pihaknya berharap dengan adanya penambahan dua koridor baru mampu meningkatkan pelayanan Bus Tayo menjadi kian optimal.

"Sedangkan untuk koridor baru lainnya, yakni koridor 6 (circle/integrasi) merupakan koridor atau rute yang menyambungkan antara koridor satu dengan koridor lainnya. Serta, berfungsi mengoptimalkan layanan yang mengintegrasikan semua koridor yang ada dengan berbagai moda transportasi lainnya yang ada di Kota Tangerang,” lanjutnya.

Selain itu, berdasarkan data yang telah dihimpun Dishub Kota Tangerang, data jumlah penumpang Bus Tayo terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Rinciannya adalah tahun 2020 mencapai 463.861 penumpang, tahun 2021 mencapai 663.957 penumpang, dan tahun 2022 mencapai 763.819 penumpang. Bahkan, pada semester pertama tahun 2023 dari Januari - Juni telah mencapai sekitar 400 ribu orang.

"Dengan adanya penambahan dua koridor baru ini, Dishub Kota Tangerang berharap dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan dan peningkatan jumlah penumpang Bus Tayo di Kota Tangerang," ujarnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment