Ganjar Cek Langsung Penurunan Tengkes di Tingkat Desa

02 Februari 2023 09:00
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengecek upaya penurunan angka tengkes di Desa Karangsari, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Kamis (2/2/2023). ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng

Sahabat.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek langsung upaya penurunan angka tengkes (stunting) di Desa Karangsari, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Kamis.

“Begitu kami bergerak semuanya jadikan satu momentum. Seluruh Jateng momentumnya tidak boleh terlambat, sekarang kami gerakkan, ada kader kesehatan yang bagus, ada ahli gizi yang mulai terbuka dan mau menjelaskan kepada ibu-ibu hamil. Terus kemudian ada bidan yang merawat kandungannya," katanya saat menemui dan berdialog dengan puluhan ibu hamil, kader kesehatan, hingga ahli gizi. .

Pemahaman yang diberikan kepada ibu hamil dan anak itu, lanjut Ganjar, nantinya sangat efektif untuk melakukan penanganan tengkes secara cepat dan tepat.

"Tadi juga menjelaskan soal gizi, soal anemia, risiko tinggi, kemudian memantau dengan sangat detil, maka dengan cara itu pertumbuhan bayi yang punya problem atau kandungan punya masalah, semua masuk dalam monitor para pelayan kesehatan yang hebat itu," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga menyalurkan bantuan beras fortifikasi kepada masyarakat, beras fortifikasi adalah beras yang diperkaya dengan zat gizi mikro tambahan.

Kandungan nutrisi di dalam beras fortifikasi yakni vitamin A, B1, B3, B12, B9 (asam folat), zat besi, dan zinc.

"Beras fortifikasi yang kemarin kita launching di Magelang sudah sampai di sini, kita bantukan kepada mereka dan mulai detik ini kita monitor," katanya.

Sebenarnya, Jawa Tengah berhasil menurunkan angka tengkes lebih cepat dibanding pemerintah pusat.

Pada 2019, angka tengkes nasional sama dengan Jawa Tengah yakni sebesar 27 persen, namun pada 2021-2022, tengkes di Jateng turun menjadi 20,9 persen, sedangkan nasional masih 24 persen.

"Targetnya 14 persen di tahun 2024, dan daerah yang problem akan kami bantu," ujarnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment