Gubernur Sulut Imbau Warga Waspadai Cuaca Ekstrem Dampak Musim Hujan

28 November 2023 12:19
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Gelombang tinggi menghantam pesisir teluk Manado. ANTARA/Karel A Polakitan

Sahabat.com - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengimbau warga mewaspadai potensi cuaca ekstrem sebagai dampak musim hujan di daerah itu.

"Kita bersyukur karena musim kemarau akan berlalu dan beralih ke musim hujan, tentu ada upaya mitigasi yang harus dilakukan oleh masyarakat," kata dia di Manado, Selasa.

Tidak menutup kemungkinan, kata dia, cuaca ekstrem bisa terjadi seperti meningkatnya curah hujan di kabupaten dan kota di Sulut.

"Paling sederhana jangan membuang sampah di selokan-selokan sehingga mampet dan akhirnya menyebabkan limpahan air ke jalan-jalan," katanya.

Dia berharap, masyarakat melakukan upaya bijaksana ketika cuaca ekstrem terjadi yang sewaktu-waktu bisa menyebabkan bencana.

"Masyarakat yang tinggal di bukit-butik harus waspada, lihat tanda alam agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan awal musim hujan Sulawesi Utara pada dasarian pertama Desember 2023.

BMKG menyebutkan beberapa wilayah di Sulut pada dua dasarian dengan rata-rata curah hujan sudah berada di atas 50 milimeter.

Penentuan apakah Sulut sudah memasuki awal musim hujan atau belum, masih menunggu data curah hujan pada dasarian ketiga November 2023.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment