Pemkot Bengkulu Minta Warga Jaga Lingkungan Guna Antisipasi Bencana

02 Desember 2023 19:02
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Penjabat Wali Kota Bengkulu Arif Gunadi. ANTARA/Anggi Mayasari

Sahabat.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu meminta seluruh masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam membuang sampah di musim penghujan guna mengantisipasi bencana alam banjir.

"Dengan menjaga lingkungan saat curah hujan meningkat dapat mencegah masalah pencemaran lingkungan dan banjir," kata Penjabat Wali Kota Bengkulu Arif Gunadi di Bengkulu, Sabtu.
 
Selain itu, dirinya juga mengusulkan agar setiap kecamatan membuat agenda kebersihan lingkungan yang terjadwal secara rutin.
 
Dengan demikian, dapat membantu dan mengurangi potensi banjir serta masalah lingkungan lainnya yang sering terjadi terkait dengan pembuangan sampah yang tidak terkendali di Kota Bengkulu.
 
"Selain itu diperlukan kerja sama semua pihak termasuk pemerintah, masyarakat dan lembaga terkait untuk bekerja sama menjaga kebersihan lingkungan. Langkah ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan aman bagi seluruh warga Bengkulu," ujar dia.
 
Sementara itu, Kepala Stasiun Meteorologi Pulau Baai Bengkulu Klaus Johannes Apoh Damanik menjelaskan dampak signifikan perubahan iklim mempengaruhi kondisi lingkungan dan kerentanan terhadap bencana alam.
 
Saat ini, sebagian wilayah Bengkulu mulai tidak mampu menanggung beban hujan dan berdampak pada potensi banjir yang semakin luas akibat perubahan iklim.
 
"Ketidakpedulian terhadap dampak perubahan iklim dapat menjadi penyebab serius bencana alam seperti banjir dan longsor. Beberapa tahun lalu, hujan dengan intensitas yang sama tidak selalu mengakibatkan longsor, namun sekarang daerah yang sebelumnya tidak terkena longsor juga terdampak," sebut dia.
 
Oleh sebab itu, kata dia, pentingnya meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana banjir dan longsor dengan menggandeng BMKG sebagai penyedia informasi cuaca dan iklim yang dapat diandalkan.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment