Pemkot Depok Edukasi IKM Tentang Cara Ekspor

08 November 2023 03:26
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Taman Balaikota Depok (ANTARA/Foto: Feru Lantara)

Sahabat.com - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok, Jawa Barat, bekerja sama dengan Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) Kementerian Perdagangan memberikan edukasi tentang  cara ekspor kepada pelaku industri kecil dan menengah (IKM) setempat.

"Kami ingin brand lokal Depok kembali eksis di luar negeri sebab baru satu IKM fasyen yang sudah bisa tembus yaitu Ning Santoso dengan Brand Dhecantique sudah melakukan Fashion Show di Amerika Serikat," kata Kepala Disdagin Kota Depok Dudi Mi'raz Imaduddin di Depok, Rabu.

Ia menjelaskan 30 peserta akan diberikan pemahaman tentang tata cara ekspor produk agar pelaku IKM Depok menjadi eksportir di masa yang akan datang.

"Pelatihan ini melibatkan pelaku usaha bidang fasyen, tujuannya agar fasyen brand lokal Depok bisa merambah mancanegara," jelasnya.

Lanjutnya berdasarkan pendataan Desember 2022 terdapat 2.240 IKM yang tersebar di Kota Depok dengan berbagai jenis produk mulai dari olahan makanan dan minuman, kimia, fasyen, kerajinan tangan, alat kesehatan, dan lainnya.

Dari jumlah yang cukup banyak tersebut melalui kegiatan pembinaan, monitoring serta promosi produk di lingkup nasional yang telah dilakukan oleh Disdagin Kota Depok, terdapat sekitar 176 IKM berorientasi ekspor.

Untuk industri menengah dan besar yang sudah ekspor sejumlah 38 industri.

"Apabila melihat perbandingan jumlah IKM yang belum ekspor dan yang berorientasi ekspor tentunya perlu mendapat perhatian, khususnya berupa upaya promosi dan pembinaan yang terus menerus dalam hal pengetahuan, serta
 pelatihan dan informasi tentang kegiatan ekspor perdagangan luar negeri," ujar Dudi.

Dengan upaya itu IKM diharapkan dapat semakin berkembang  dan produknya dapat memasuki pasar ekspor ke luar negeri.

Dikatakannya, kerja sama dengan PPEJP sudah dilakukan sejak 2022 melibatkan pelaku usaha fesyen. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang tata cara ekspor dan memberikan peluang pasar bagi para IKM.

"Kami harap peserta agar dapat mengikuti kegiatan dengan aktif sehingga memahami kebijakan dan tata cara tentang ekspor," ujarnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment